Bupati Suyatno Pimpin Irup Apel Siaga Karhutla Dipolres Rohil

Selasa, 15 Maret 2016

Bupati Suyatno melihat persiapan apel karhutla di Polres Rohil

PELITARIAU,ROHIL- Bupati kabupaten Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno Amp bertindak sebagai Insfektur Upacara, dalam rangka siaga Karhutla. Kegiatan itu sendiri dilaksanakan dihalaman Polres Rohil, selasa (15/3).

 

Bupati Suyatno mengatakan, saya aprisiasi kepada jajaran Polres Rohil yang mana sudah mempasilitasi apel siaga karlahut. Dimana acara ini dihadiri oleh seluruh penjuru yang terlibat dan berkomitmen untuk menjaga bencana karlahut.

 

Kalau melihat beberapa hari lalu dikubu yang bergejibaku, kita semua sudah komit untuk menindak jika siapapun pembakar lahan, akan kita tidak tegas. Karena itu sudah menjadi komitmen dan harga mati bagi pemerintah pusat dan Pemda Rohil sendiri.

 

Sekali lagi Bupati Suyatno menghimbau, untuk sama-sama menjaga kampung halaman kita ini, pada rapat dipusat kemarin adalah pulau meranti. Walau kita dinilai tidak ada kita, kewajib menjaga dan antisifasi dari bencana karlahut ini.

 

Bupati menegaskan, kepada para Camat dan Datuk Penghulu tidak ada lagi mengeluarkan surat tanah dengan sembarangan. Karena dikubu pas ada kejadian tiada satu orang pun yang mengakui, siap pemilik lahan tersebut. Jika ada suatu saat lahan tersebut ada yang menanami pak polres tinggal tangkap saja jangan kasi ampun,"Ucap Suyatno.

 

Llanjut Suyatno, lahan itu sudah dilaporkan oleh ibu mentri dan jika lahan itu sudah untuk dikelola sebagai tanaman palawija.

 

Perusahaan yg ada dirohil diintruksikan untuk membantu dan tanggap siaga karlahut. Dan semua perusahaan yang berdomisili diwilayah Rohil wajib membantu dan turun kelapangan. Mari sama2 kita jaga lahan kita.

 

Untuk kelengkapan nanti provinsi akan bantu 18 mesin air dan 1 damkar, ditambah oleh bank riau diminta menyiapkan 20 unit mesin dan 3 unit motor trail untuk patroli dihutan para Makodim. Ini salah satu kepedulian baik Pemprov Riau maupun Pemda Rohil, apa lagi riau sudah menjadi senter didunia penyumbang asap.***Jr