Plt Sekda Buka Lomba Tahfidz Qur,an Tingkat MDA Dan TPQ Sekecamatan Bangko

Rabu, 09 Maret 2016

Plt Sekda Drs Surya Arfan foto bersama pengurus PD Muslimah Rohil serta para peserta lomba Tahfidz Qur,an

PELITARIAU,ROHIL- Dalam rangka menumbuhkan cinta al -quraan kepada generasi muslim Salimah (Persaudaraan Muslimah) Kabupaten Rokan Hilir bekerjasama pengurus PC Salimah Bangko mengelar tahunan berupa perlombaan tahfidz qur,an (hafalan Qura,an) untuk anak-anak MDA/TPQ sekecamatan Bangko. Acara lomba tahfidz qur,an ini dibuka secara langsung, Plt Sekda Drs H Surya Arfan MS,i, rabu (9/3) di Majid Al Ikhlas jalan Utama Bagansiapiapi.

 

Plt Sekda Drs H Surya Arfan dalam sambutanya menyampaikan, pemerintah daerah memberikan aprisiasi kepada Persaudaraan Salimah Rokan HIlir yang telah menyelangarakan lomba tahfidz qur,an, dalam rangka memberikan motivasi satri/santriwati dalam menekuni menghafalan mendalami isi alquran. Yang pada gilirannya di amalkan dalam kehidupan sehari-hari. 

 

"Ini salah satu bentuk untuk menangkal supaya tidak terpengaruh hal-hal yang negatif. Kita ketahui, saat ini anak-anak muda yang cepat terpengaruh dalam hal-hal yang bersifat negatif. Untuk itu, peran orangtua sangat penting bagai mana untuk mendidik ke jalan yang baik," Ucap Surya Arfan.

 

Sementara itu, DP Salimah Rohil, Halimah Tusaddyah menyebutkan,kegiatan ini salah satu program ungulan PD Salimah Rohil dan PC Salimah bangko, untuk memotivasi bagaimana cinta al,quran bagi generasi ini. Untuk PD kegiatan lomba tahfidz ini sudah dua kali di laksanakan di masjid al- ikhlas Bagansiapiapi. 

  

Dalam lomba tahfidz qur,an ini kita mengundang lebih kurang 50 MDA dengan jumlah peserta 150 peserta yang hadir. Adapun tema kali ini " membentuk generasi cinta al-qur,an dan berakhlaqul karimah".

 

Halimah menjelaskan, sebelum lomba ini di mulai terlebih dahulu pihak panitia menjelasakn Run Down dari acara lomba yang di awali pembacaan pembacaan Tasmi'(Hafalan) qur,an surat An-Nazi'at oleh salah satu satri rumah tahfidz salimah Rokan Hilir. Peserta yang mampu menjawab soal dengan benar dan tepat akan maju ke babak selanjutnya. penilaian ini berdasarkan pada kelancaran hafalan dan tajwid, empat peserta dengan nilai terbaik pada setiap katogori maju kebabak final.

 

Dengan adanya lomba hafidz qur,an ini tentunya anak-anak memiliki akhlak dan budi pekerti yang luhur sebagaimana sabda Rosullah SAW" Siapa yang membaca al-qur,an memperlajarinya, dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat, cahaya seperti cahaya matahari dan kedua ortuanya dipakaikan dua jubah, kemudian yang tidak pernah didapatkan di dunia," Ucap Halimah

 

Lanjut Halimah kembali, sebelum memasuki babak final seluruh peserta dan didampingi disunguhkan dengan penampilan satri rumah tahfidz salimah yang rata-rata masih berumur 4-6 tahun dengan semangat dan kompak membacakan hafalan qur,an surat An-Naba ayat 1-40. Para peserta yang juara nanti akan di berikan hadiah tambah sertifikat, sedangkan bagi yang tidak mendapatkan juara juga akan kita berikan sertifikat dan hadiah hiburan,"Bebernya.

 

Harapan kami, kepada seluruh yang kami undang terkusus kepada guru dan orang tua supaya termotivasi untuk menghafal al-qur,an. Kami berharap anak-anak generasi penerus itu lebih cinta kepada la-qur,an.***Jr