Junaidi Saleh : Di Rohil Pemberian PIN Polio Sasar 67.463 Balita

Selasa, 08 Maret 2016

Bupati Suyatno,Diskes Junaidi Saleh serta ibu-ibu PKK foto bersama,usai melaksanakan pemberian vaksin polio

PELITARIAU,ROHIL- Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) sukses melaksanakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2016. Bupati Rohil H Suyatno secara resmi melakukan penetesan vaksin polio kesalah satu balita Bagansiapiapi.

 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rohil Dr Junaidi Saleh MKs, Selasa (8/3) mengatakan, poliomielitis atau polio adalah penyakit paralisis atau lumpuh yang disebabkan oleh virus.

 

Pembawa penyakit ini adalah virus yang dinamakan poliovirus (PV). Virus itu masuk ke dalam tubuh melalui mulut, lalu meinfeksi saluran usus. Virus itu dapat memasuki aliran darah, dan mengalir ke sistem saraf pusat. Itulah yang menyebabkan melemahnya otot, dan kadang kelumpuhan (paralisis).

 

"Pada bulan Maret 2014, untuk kawasan Asia Tenggara, WHO menyatakan telah bebas polio. Karena itu, vaksinasi polio pada bayi sudah tidak perlu diberikan lagi. Namun, karena masih terdapat negara yang belum bebas polio, maka kini Indonesia perlu berjaga-jaga agar tidak kembali dimasuki virus polio. Maka, perlu melakukan PIN Polio," Jelas Junaidi.

 

Dalam Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio untuk Rokan Hilir sendiri sasaran kuta sebanyak 67.643 anak balita yang ada di Kabupaten Rokan Hilir.

 

“Kita mendukung program internasional. Kegiatan ini terkait masih terdapatnya polio pada beberapa negara Afrika. Bahkan juga masih terdapat di beberapa negara Arab,” ujarnya.

 

Untuk itu, saya mengajak kepada masyarakat Rokan Hilir supaya datang ke pukesmas,Pustu, Posyandu atau pos pin polio terdekat. Pin polio ini dimulai dari tangal 8 hingga 15 maret 2016, bagi masyarakat kita yang masih sibuk dalam pekerjaan, segeralah bawak anak balitanya ke pos pin terdekat.***Jr