Harga Minyak Dunia Naik Lebih dari Lima Persen

Selasa, 08 Maret 2016

internet

PELITARIAU - Harga minyak dunia naik lebih dari lima  persen pada Senin atau Selasa WIB. Dilansir dari laman Reuters, Selasa, 8 Maret 2016, harga minyak Brent LCOc1, ditutup naik US$2,12 menjadi US$40,84. Minyak mentah AS berakhir naik US$1,98 menjadi US$37,90 per barel.

Minyak patokan internasional Brent mencapai puncak pada tahun 2016 dengan harga di atas US$40 per barel, setelah Ekuador mengatakan akan mengadakan pertemuan produsen minyak mentah Amerika Latin dengan OPEC.

Pembelian minyak mentah oleh juga menjadi pendorong naiknya harga minyak. Minyak mentah rally lebih dari 50 persen sejak mencapai posisi terendah 12-tahun kurang dari dua bulan yang lalu.

Reli dimulai setelah Rusia dan Organisasi Negara Pengekspor Minyak melayangkan ide untuk melakukan pembekuan produksi guna mendukung harga di pasar akibat kelebihan pasokan.

Menteri Luar Negeri Ekuador Guillaume Long mengatakan pemerintahnya akan menjadi tuan rumah pertemuan di Quito pada hari Jumat dengan Venezuela, Kolombia, Ekuador dan Meksiko.**