Manfaatkan Pontesi, Job Kurniawan Optimis 2017 APBD Rohil Menigkat

Jumat, 04 Maret 2016

Kepala Bappelda Rohil, H Job Kurniawan MS,i

PELITARIAU,ROHIL- Kepala Bappeda Rohil HM Job Kurniawan, angkat bicara mengenai turunnya pendapatan asli daerah dari sektor Dana Bagi Hasil Migas (DBH) hingga angka pendapatan daerah anjlok menjadi Rp1.8 triliun, tahun 2016. Dirinya optimis angka Rp2.3 triliun dapat dicapai tahun 2017, asalkan SKPD dapat memanfaatkan potensi daerah.

 

"Kondisi keuangan seluruh daerah kabupaten/kota lainya sama sudah menurun, kalau selama ini kita sangat dominan DBH migas bisa pada angka Rp1,8 triliun atau Rp 1,9 triliun, bahkan pernah menembus angka Rp2,3 triliun, tetapi ini karena faktor menurunnya harga minyak dunia," kata mantan Plt sekda Rohil itu, dalam wawancara singkat, Jumat (4/3/2016).

 

Menurutnya, dengan menurunnya pendapatan di sektor migas tersebut, sangat berdampak terhadap perencanaan kegiatan yang telah disusun. Meski tidak dominan mempengaruhi karena pendapatan daerah disektor retribusi dan pajak masih mencukupi. Namun demikian, seluruh SKPD hendaknya bisa berhemat dalam menggunakan anggaran yang ada.

 

"Kita ambil hikmahnya, mudah-mudahan dengan begitu kita bisa lebih efisien berhemat dalam rangka menjalankan anggaran dengan tidak mengabaikan sarana tujuan, visi dan misi bupati terpilih, kedepanya." urai Job.

 

Ditanya lebih jauh menyangkut jadwal musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) kabupaten Rohil 2017, Job, menyebutkan kegiatanya dimulai Minggu ke-3 bulan Maret 2016, kini tahapanya sedang mengabungkan visi dan misi bupati dengan rencana kegiatan yang disusun SKPD.

 

"Sekda sudah memberikan limit waktu supaya SKPD menyerahkan seluruh perencanaan yang telah disusunya, dan minggu depan menjadi hari terakhir untuk dikumpulkan sehingga bisa dicetak untuk kemudian dibahas bersama,"Ujarnya.***Jr