Bupati Yopi Tanam Perdana Pohon di Kebun Asma’ul Husna 99

Kamis, 03 Maret 2016

Bupati Inhu lakukan penanaman pohon

PELITARIAU, Rengat-Bupati Indragiri Hulu (Inhu) H Yopi Arianto melakukan penanaman pohon perdana di Kebun Asma’ul Husna 99, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Inhu, Kamis (3/3). Penanaman pohon ini merupakan salah satu program Kemenag Inhu dalam rangka mendukung program adiwiyata nasional sekaligus mewujudkan lingkungan hijau yang Islami.

Turut hadir pada penanaman pohon di kebun Asma’ul Husna 99 Kemenag Inhu tersebut, Pjs Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Drs H Mahyudin MA, Wakil Ketua DPRD Inhu Adila Ansori, pejabat dilingkungan Pemkab Inhu, Kepala Kemenag se Provinsi Riau, Ketua LAMR Inhu, Ketua MUI Inhu serta para undangan.

Selain penanaman pohon, pada acara tersebut, Kepala Kemenag Inhu H Abdul Kadir juga memberikan cenderamata kepada Bupati Inhu H Yopi Arianto dan Pjs Kakanwil Kemenag Riau, Drs H Mahyudin MA serta pertandingan persahabatan antar Kantor Kemenag se Provinsi Riau.

“Selamat atas terpilihnya kembali Bapak Yopi Arianto sebagai Bupati Inhu. Doa kami, semoga bapak di lindungi Allah SWT dalam menjalankan tugas dan sukses selalu,” ucap Kepala Kemenag Inhu H Abdul Kadir memulai sambutan.

Dijelaskan H Abdul Kadir, penanaman pohon di kebun Asma’ul Husna 99 ini dilakukan diatas lahan seluas 1 hektare, terdiri dari kebun inti yang terdapat 99 pohon serta beberapa blok. Jenis pohon yang ditanam terdiri dari 33 spesies yang umumnya merupakan buah-buahan sehingga dapat dinikmati hasilnya.

“Agar bernilai ibadah, kebun ini dinamakan Asma’ul Husna. Sedangkan perawatannya akan dilakukan oleh seluruh bagian yang ada di Kantor Kemenag Inhu dengan sistem kompetisi positif. Bahkan direncanakan akan dibangun jalan semenisasi yang akan diberi nama Shafa Marwah,” tutur H Abdul Kadir.

Ditambahkan H Abdul Kadir, awalnya lahan yang dijadikan kebun Asma’ul Husna 99 ini akan dibangun lokasi manasik haji karena memiliki areal yang luas. Namun karena terkendala regulasi, pembangunan lokasi manasik haji yang akan dilakukan Pemkab Inhu batal dilaksanakan.

Pjs Kakanwil Kemenag Riau, Drs H Mahyudin MA menyambut baik program yang dilaksanakan Kemenag Inhu dengan membangun kebun Asma’ul Husna 99. Dengan adanya kebun ini diharapkan mampu mewujudkan kantor yang sejuk, nyaman sehingga mampu memberikan inspirasi dan motivasi kepada seluruh pegawai untuk berbuat yang terbaik bagi umat.

Mahyudin juga mengucapkan terimakasih atas kepedulian Bupati Inhu H Yopi Arianto kepada keluarga besar Kemenag Inhu dan berharap kerjasama yang sudah terjalin dapat terus ditingkatkan. “Kalau pohon yang ditanam ini sudah berbuah, saya berharap Bapak Bupati yang memetik dan mencicipi lebih dahulu,” ucapnya seraya menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Yopi Arianto sebagai Bupati Inhu.

Sementara itu, Bupati Inhu H Yopi Arianto mengucapkan terimakasih atas ucapan selamat yang diberikan keluarga besar Kemenag Inhu serta Kakanwil Kemenag Riau. Ia juga mengungkapkan bahwa kebun yang bernuansa Islami ini merupakan yang pertama di Kabupaten Inhu. “Mudah-mudahan kebun Asma’ul Husna 99 ini akan menjadi catatan sejarah tersendiri bagi Kemenag Inhu dan masyarakat Inhu,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Bupati H Yopi Arianto juga minta kepada Kemenag Inhu bersama-sama mengajak ustad untuk menciptakan suasana kondusif, mengajarkan faham anti radikalisme serta terorisme sehingga mampu menciptakan kesejukan dan kedamaian di tengah masyarakat. **(surya/rilis)