Dukung Pilkada Langsung, Keputusan PD Dianggap Rasional

Senin, 22 September 2014

salah satu pelaksanaan pemilu di prop. Riau

PELITARIAU, Jakarta - Partai Demokrat (PD) mendukung pemilihan langsung kepala daerah dengan memberikan beberapa persyaratan. Sikap yang diambil PD disebut sebagai sikap yang rasional

"Apresiasi PD dukung RUU Pilkada Langsung, karena Pilkada langsung jauh bermanfaat bagi rakayat," ujar Ketua PB Anshor Nusron Wahid kepada detikcom, Senin (22/9
)

Persyatan-persyaratan yang diajukan oleh PD juga dianggap sangat menarik karena bertujuan untuk memperbaiki pelaksanaan Pilkada langsung.
"Dan itu adalah PR kita semua agar bisa dijadikan prasyarat mutlak untuk jadikan rujukan," terangnya.

"Syaratnya kan tidak ada money politic, trasparansi dalam pembiayaan," tambahnya.

Sejak pelaksaan Pilkada sejak tahun 2005, Nusron menilai Pilkada telah berjalan on the track, meski memerlukan beberapa perbaikan. Namun, melihat output pemimpin yang dihasilkan maka sudah jelas Pilkada langsung adalah pilihan yang tepat.

"Karena pemimpin yang dihasilkan lebih memiliki tanggungjawab politik kepada masyarakat," kata Nusron.

Sebagai contoh, Nusron mengibaratkan pemimpin yang dipilih dari DRPD hanya akan mengutamakan 'undangan' dari pihak DPRD yang memilihnya, ketimbang menyapa masyarakat.

"Seandainya ada banjir atau tanah longsor dan kejadian itu berbarengan dengan hajatan anak ketua fraksi DPRD. Maka Bupati akan lebih memilih menghadiri pesta ketua fraksi daripada ngurusi longsor," jelasnya.

 

Editorial: Rio Ahmad