Antisipasi Karlahut, BPBD Riau Ajukan Peminjaman Helikopter ke Pusat

Selasa, 01 Maret 2016

Riau akan ajukan pinjaman Helikopter milik BNPB Pusat. (Int)

PELITARIAU, Pekanbaru- Agar lebih siap dalam menangani kembali masalah terjadinya Kasus Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) yang hampir setiap tahun melanda Provinsi Riau, maka Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau harus siap siaga apabila sewaktu-waktu terjadi kembali Karlahut ini, termasuk persiapan peralatan untuk pemadam kebakaran Lahan dan hutan tersebut, termasuk helikopter.

Makadari itu BPBD Riau berencana untuk menambah peralatan dengan mengajukan peminjaman Helikopter kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat untuk dipersiapkan di Riau. 

Namun mengenai rencana peminjaman helikopter yang diajukan BPBD Riau kepada Pusat, dengan ini Pusa menolak permohonan peminjaman helikopter tersebut karena beralasan Riau tidak memiliki alasan krusial untuk diberikan bantuan heli untuk saat ini.

Saat dikonfirmasi pelitariau.com, Selasa (1/3/2016), Kepala BPBD Riau Edwar Sanger mengatakan alasan peminjaman helikopter kepada BNPB Pusat, "Helikopter baru akan diberikan Pusat jika daerah itu sudah siaga darurat bencana," ujar Edwar.

Namun kini, kata Edwar, Riau sudah mulai lakukan Penetapan status Siaga darurat pencegahan Karlahut, walaupun itu hanya pada Dua Kabupaten di Provinsi Riau saja.

"Setelah kita dapat penetapan status dari 2 kabupaten ini, itu sudah cukup  untuk kita buat laporan dan keterangannya dan kita akan ajukan keterangan ini untuk melakukan peminjaman hely lagi," ungkapnya.***osp