Bantuan Rp 50 Miliar untuk Jalan Poros Alai-Mengkikip

Jumat, 26 Februari 2016

saat melakukan peninjauan di jalan Mengkikip–Alai

PELITARIAU, Meranti– Setelah berkesempatan menghadiri Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) yang diadakan di Desa Mengkikip Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti, yang bertempat di gedung serba guna Desa Mengkikip. 

Kini Wakil Bupati Kepulauan Meranti H Said Hasyim beserta. rombongan melanjutkan perjalannya untuk meninjau disalah satu jalan Mengkikip–Alai, pada Kamis (25/02) sore, yang terletak di Kecamatan Tebing Tinggi Barat. 

Selain rombongan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti, peninjauan juga dihadiri rombongan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, diantaranya dari perwakilan Dinas Perhubunga (Dishub), Dinas Pekerjaan Umum (PU), dan Bappeda. 

Dari hasil Pantauan saat berada dilokasi, Kamis (25/02) sore, terlihat kondisi badan jalan berupa batu dan pasir tampak berlobang atau pecah-pecah. Selain itu ada pula ruas yang terendam air dari parit yang naik ke badan jalan.

Namun demikian, Wakil Bupati H Said Hasyim dan rombongan pun tetap mencoba melalui jalan tersebut dengan menggunakan sepeda motor. Dibeberapa titik, kendaraan roda dua itu terbenam hingga ke paras mesin.

Melihat hal tersebut, Pejabat dari Dinas Perhubungan Pemprov Riau Ahmad Ismail memberikan saran agar kedepannya untuk mengatasi  permasalahan tersebut dengan upaya penimbunan. Namun akan mengeluarkan dana yang cukup besar, sehingga badan jalan bisa diatas parit yang ada.

"Bisa juga menggunakan tiang  pancang yang bersifat elastis dan mengunakan kayu cerocok yang besar agar tanah tersebut tidak turun lagi. Dengan demikian bodi jalan akan menjadi kokoh dan bisa bertahan meski tanahnya labil," ucapnya.

Dengan anggaran 50 Miliar yang akan diberikan dari Pemprov Riau, Ahmad Ismail berharap tahun ini jalan tersebut bisa dilalui sehingga bisa mengaktifkan kembali pelabuhan roro Kampung Balak-Tanjung  Buton, Kabupaten Siak.***