Permintaan Hewan Kurban Siak Meningkat 15 Persen

Ahad, 21 September 2014

Persiapan hewan Kurban di kabupaten Siak

PELITARIAU, Siak -Permintaan hewan kurban tahun 2014  untuk Kab. Siak  mengalami peningkatan  mencapai 15 persen jika di bandingkan tahun 2013  kemarin. Peningkatan permintaan hewan untuk kurban ini tidak terlepas dari peningkatan ekonomi masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan  Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Siak  Susilawati . Dikatakanya tahun 2013 lalu hewan kurban mencapai 2.185 ekor yang terdiri  sapi sebanyak 1.818 ekor,  kerbau 129 ekor dan Kambing 2.38 ekor.

“Untuk  tahun 2014 ini di perkirakan permintaan untuk hewan kurban ini mengalami peningkatan mencapai 15 persen dari tahun 2013 lalu.”kata Kadis.

Susilawati menjelaskan, peningkatan  permintaan hewan kurban ini menunjukan perekonomian masyarakat  Kabupaten Siak semakin meningkat.“Oleh sebab itu,  dengan meningkatkatnya permintaan hewan korban ini di harapkan masyarakat bisa membeli hewan ternak yang ada di Kabupaten Siak ini.”Minta Susilawati.

Oleh sebab itu menurut Kadis pihaknya telah  meminta setiap UPTD Peternakan yang ada di masing masing  Kecamatan bisa mengarahkan pembelian hewan kurban di pasar ternak yang ada di desa Seminai. Hewan yang akan di kurban tahun ini harus  dilakukan pengecakan kesehatan melalui Dinas peternakan serta harus kita kordinir.

Susi juga mengatakan  selama ini masyarakat  masih membeli hewan kurban di luar Kabupaten Siak, Karena mereka mungkin belum ada yang tahu keberadaan pasar ternak yang ada di desa Seminai.

“Karena itu,kita menghimbau bagi masyarakat yang mau berkurban bisa melakukan koordinasi dengan Dinas Perternakan Kabupaten Siak,”jelas Kadis. (kor. Fen)

Editorial: Rio Ahmad