Pilkades Serentak, Bupati Suyatno Mengharapkan Ada Sosok Pemimpin Yang Amanah

Selasa, 16 Februari 2016

Bupati Rohil, H Suyatno

PELITARIAU,ROHIL- Pelaksanaan pilkades serentak yang digelar pemkab Rokan Hilir diharapkan bisa melahirkan sosok pemimpin yang mampu menjalankan amanah dengan baik. Harapan ini dikemukakan Bupati Rohik H Suyatno AMp berkaitan dengan pelaksanaan pilkades yang digelar dalam beberapa bulan mendatang.

 

"Semoga mampu melahirkan pemimpin yang berkualitas, yang diinginkan masyarakat. Siapa saja orangnya terserah, yang penting pelaksanaan berjalan dengan aman, lancar," kata Suyatno, Selasa (16/2).Tahapan pilkades mulai berjalan, pada pertengahan Februari ini sedangkan hasil pemilihan sudah bisa diketahui pada 17 Juli.

 

Bupati melihat ada kecenderungan pilkades bakal diikuti oleh banyak peserta. Ini tak terlepas karena tingkat kepenghuluan atau desa memiliki anggaran tersendiri dari program Alokasi Dana Desa (ADD)."Jadi penghulu sekarang ini ibaratnya macam bupati juga, bupati kecil. Mengapa, karena sudah punya anggaran tersendiri, tinggal bagaimana mengaturnya," kata Suyatno.

 

Bahkan terang Suyatno ada kepenghuluan yang diperkirakan bakal diikuti sebanyak tujuh calon. Yang uniknya, bahkan dari ketujuh calon tersebut telah menghadap bupati untuk meminta restu dalam pencalonan."Seluruhnya datang ke rumah, minta dukungan. Tapi saya tegaskan tidak ada mendukung calon manapun, silakan maju masing-masing biarkan berjalan dengan demokratis, apa adanya," kata Suyatno.

 

Ia menyerahkan seluruh yang terkait pilkades sebagai wewenang yang berada di tingkat desa jangan sampai dicampuri kepentingan politik tertentu.

 

Dia meminta pihak kecamatan untuk bisa mengawal dan melakukan pembinaan bagi aparatur kepenghuluan agar pemilihan berjalan dengan baik."Lakukan koordinasi yang baik, kami percaya camat mampu melakukan tugasnya," katanya.***Jr