173 Praja IPDN Rohil Akan Lakukan Praktek Lapangan

Sabtu, 13 Februari 2016

Bupati Rohil H Suyatno memimpin rapat sosialisasi praktek lapangan bagi Praja IPDN Rohil

PELITARIAU,ROHIL- Sebanyak 173 Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) akan melakukan praktek Lapagan, di seluruh kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkugan pemda Rohil," Hal ini dikatakan Bupati Rohil, H Suyatno saat memimpin rapat sosialisasi Praktek Lapangan tahap tiga, sabtu malam (12/2) di aula lantai IV Kantor Bupati,di Bagansiapiapi.

 

Kata Bupati Suyatno, Pemerintah Daerah Rohil sangat menyambut baik adanya keinginan kampus IPDN yang ingin melaksanakan praktek lapangan di lingkungan SKPD Pemkab Rohil. Baginya, kehadiran praja IPDN untuk praktek di SKPD ini merupakan suatu kebanggaan bagi pemerintah dan harus diterima kehadirannya.

 ‎

Kepada seluruh SKPD yang hadir, Bupati menginstruksikan agar membantu apa yang diperlukan dalam praktek praja IPDN. Semua kepala SKPD juga diminta untuk dapat memberikan pengajaran, pekerjaan serta pengawasan kepada praja yang melakukan prakteknya.

 

"Tempat tinggalnya juga diperhatikan agar tidak jauh jalan kaki. Pemondokannya disiapkan, ini tanggung jawab Camat dan Penghulu. Cari rumah penduduk yang bisa menampung praja  ini selama sebulan," tegas Suyatno.

 

Kepada anak-anak praja, Suyatno berharap agar dapat belajar bagaimana tugas-tugas pemerintahan baik pembangunan dan kemasyarakat sehingga hasilnya dapat menambah wawasannya agar siap kembali kemasyarakat jika selesai studynya.

 

"Jadi pengalaman itu sangat berharga bagi mereka untuk siap kembali ke masing-masing daerahnya diseluruh Indonesia," tandasnya. 

 

Sementara itu, Direktur IPDN Rohil M Ilham menjelaskan, sebanyak 173 orang praja IPDN akan melakukan praktek lapangan diseluruh kantor Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) Pemkab Rohil selama satu bulan penuh yang dimulai tanggal 5 maret sampai 2 april 2016.

 

Tutur Ilham, tujuan praktek lapangan ini untuk memberikan pemahaman pada praja. Praktek ini harus ada dilingkungan SKP agar memahami tugas dan fungsi masing-masing dinas yang ada di SKPD.

 ‎

Untuk itu, mereka meminta agar dalam praktek nanti seluruh SKPD maupun Pemkab Rohil dapat membantu untuk bekerjasama dengan praja IPDN baik itu persiapan tempat pemondokan praja, maupun segala sesuatu yang diperlukan.

 ‎

"Dengan adanya praktek ini, mereka akan lebih muda memahami tugas dan fungsi setiap dinas. Jadi, jika mereka tamat nanti, sudah bisa langsung bekerja memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Itu harapan kita," ujar Ilham.***Jr