Gawat..Besok SD dan TK di Inhu Diliburkan, Udara Tidak Sehat

Jumat, 19 September 2014

Pelajar SD Inhu Gunakan Masker Belajar

PELITARIAU, Rengat- Mulai besok  Sabtu (20/9) sekolah mulai diliburkan di khusus untuk pelajar SD dan TK .  Diliburkannya sekolah tersebut karena kondisi udara Inhu sudah tidak sehat lagi.

 

"Mulai besok pelajar SD kelas 1 sampai kelas 3 diliburkan.  Termasuk juga untuk TK, kecuali guru tetap kesekola,"ungkap Kepala Dinas Pendidikan Inhu melalui KUPTKec. Lirik A. Malik, Jum'at (19/9).

 

Dijelaskannnya diliburkan nya sekolah terkait dengan kabut asap yang sudah semakin tebal menggantung diaatas wilayah Inhu. Pada siang hari udara terasa panas dan mata terasa perih dan dinilai sudah membahayakan keseahatan khususnya anak-anak.

 

Ketika ditanya berapa hari sekoalah akan diliburkan menurut A. Malik tergantung kondisi kabut asap.  Kalau memang Senin (22/9) kondisi kabut asap masih tebal maka sekolah masih tetap diliburkan.Sehingga tidak bisa dipastikan beraaapa lama anak-anak rugi dalam belajar.

 

Khusus untuk Kec. Lirik kondisi kabut asap sampai dengan hari ini (jumat, red) semakin parah. Jika dibandingkan Kecamatan lain sehingga pelajar harus diliburkan, jika kondisi kabut asap semakin buruk tidak tertutup kemungkinan semua sekoalah diliburkan.

 

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Inhu Suhardi mengungkapakan bahwa mutu udara diwilayah Inhu setelah dilanda kabut asap belum bisa dipastikan  sebab tidak ada alat pengukur ISPU. Tetapi berdasarkan analisa dilapangan pada Jumat (20/9) mutu udara Inhu berkisar antara 100-200 artinya udara tidak sehat.

 

"Untuk itu kita menghimbau kepada masyarakat agar dapat mengurangi aktifiitas diluar rumah.  Terutama sekali bagi anak-anak dan yang sudah berusia lanjut serta perbanyak minum air putih,"jelas Kadis (cr. Rio)

 

Editorial: Rio Ahmad