Mantap! BPBD Telah Menetapkan Siaga Banjir Untuk Riau

Kamis, 11 Februari 2016

Saat rapat penetapan siaga banjir Riau di Kantor BPBD Riau, Kamis (11/2/2016) siang. (Foto: Oka)

PELITARIAU, Pekanbaru- Terkait bencana banjir yang akhir-akhir ini tengah melanda Provinsi Riau, pada Kamis (11/2/2016) siang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, yang langsung di umumkan oleh Kepala BPBD Provinsi Riau Edwar Sanger, telah menyatakan penetapan status siaga darurat banjir dan longsor tahun 2016 untuk Provinsi Riau.

 Menurut Edwar di dalam rapat, Penetapan siaga darurat banjir dan tanah longsor ini untuk 10 hari kedepan, terhitung sejak di tetapkannya Status siaga darurat banjir dan tanah longsor pada hari ini, Kamis 11 Februari hingga 21 Februari 2016, yang ditetapkan di ruang rapat Kantor BPBD Provinsi Riau, jalan Jendral Sudirman Pekanbaru.

 Saat ditemui pelitariau.com usai rapat penetapan siaga darurat banjir, Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger mengatakan alasannya untuk menetapkan status ini, diketahui bahwa sebagian wilayah di Provinsi Riau telah terendam oleh banjir, terutama di Kabupaten Kampar, Rokan hulu dan Kuansing, tiga Kabupaten tersebut pun telah dahulu menetapkan siaga darurat banjir dan tanah longsonr sejak beberapa hari lalu. 

"Analisis yang di tetapkan oleh BMKG, yang juga sudah memberikan informasi cuaca untuk beberapa waktu kedepan kepada kita, kemudian sudah ada penetapan  siaga banjir dari tiga Kabupaten di Riau, itulah yang menjadi barometer kepada kita untuk membuat satu keputusan bahwa Riau siaga darurat banjir saat ini," ujar Edwar Sanger kepada Pelitariau.com, saat di wawancarai. 

Tiga saerah yang lakukan penetapan siaga darurat banjir di daerahnya itu berdasarkan Surat Penetapan siaga darurat banjir dari Bupati daerah masing-masing Kabupaten, seperti Kabupaten Kampar dengan surat Penetapan siaga darurat banjir dan tanah longsong dari Bupati Kampar denga Nomor 360/SK-BPBD/102, Kabupaten Kuansing No 650/disosnaker-benc/014, dan Kabupaten Rokan Hulu dengan No Kpts. 362/BPBD/79/2016.***osp