Perbatasan Riau-Sumbar Banjir, Seribuan Rumah Terendam Air Bah

Senin, 08 Februari 2016

Satu keluarga saat tengah di efakuasi dari rumahnya saat terjadi air bah di Kecamatan Pangkalan, Sumatra Barat. (foto: Oka)

PELITARIAU, Pekanbaru- Terjadi banjir bandang yang merendam Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat. Dari 11 desa yang ada, 9 desa terendam sedangkan 2 desa lainnya terhindar terpaan air bah ini. 

Berdasarkan keterangan dari BPBD 50 Koto Kampar kepada pelitariau.com, bahwa ada 1000 lebih rumah warga telah terendam sejak Senin, (8/2/2016) dinihari, pada pukul 02.00 WIB, hingga kini pukul 07.50 WIB.

Hingga berita ini dinaikan, anggota dari BPBD Koto Kampar masih berjibaku mengefakuasi warga yang masih terjebak di atas atap rumahnya, sejak pukul 02.00 WIB dini hari tadi.

Menurut warga sekitar hujan ini telah turun di Kecamatan Pangkalan ini sejak dua hari lalu, namun air baru naik pada hari ini, dan kini semakin menunjukan kenaikannya.

"Hujan turun disini dari dua hari lalu, kalau unutuk banjirnya baru hari ini naiknya tepatnya sejak malam tadi," jelas salah seorang warga yang rumahnya juga turut terendam banjir.

Menurut Erdinal (45), warga sekitar yang turut menjadi korban banjir, bahwa banjir ini terjadi akibat luapan 3 anak sungai Kampar di Kecamatan 50 Koto Kampar, diantaranya sungai batang mahat, sungai batang kaso, dan anak sungai di desa Jorong tiga balai.***osp