Ketua Koni Rohil Lantik Zakia Hada Sebagai Ketua Perbasi

Jumat, 05 Februari 2016

Ketua Koni Rohil Asrul M Noor menyerahkan bendera Perbasi kepada Ketua Perbasi yang baru dilantik yakni Zakia Hada

PELITARIAU,ROHIL- Ketua Komite Olahraga Nasional Inonesia (KONI) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) resmi melantik Zakia Hada sebagai ketua Pengurus Cabang (Pencab) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Rohil, yang di gelar di gedung serbaguna jum'at (5/2). Dalam acara pelantikan Perbasi Rohil, turut dihadiri Plt Sekda Rohil, Drs H Surya Arfan Ms,i.

 

Ketua Perbasi Rohil, Zakia Hada, S.Sn, M.Hum mengatakan, siap bekerja sesuai permintaan Plt Sekda Drs. Surya Arfan, M.Si dan Ketua KONI Asrul M Noor, terutama tantangan memperoleh medali emas pada Porprov 2017 di Kampar, bahkan dalam waktu dekat mereka akan menggelar turnamen. “Sekarang terdata ada 18 club andalan, dan pertengahan Februari ini akan ada turnamen basket, dalam rangka Imlek

 

Senada yang disampaikan, Ketua KONI Rohil, Drs. H. Asrul M Noor dalam kesempatan itu meminta pengurus yang baru dilantik memaklumi, basket termasuk cabang unggulan di Rokan Hilir bersama dengan catur, sudah ditetapkan oleh KONI provinsi, dan juga KONI secara nasional, meminta semua provinsi termasuk daerah agar mengunggulkan minimal lima cabang olahraga. “Kalau Rokan Hilir, alhamdulillah, basket dan catur,” ujarnya.

 

Untuk itu, Asrul meminta pengurus Perbasi yang baru, bertungkus lumus melakukan pembinaan, karena akan mendapat support pendanaan dari pusat, termasuk APBD.

 

“Pendanaan, ada dari pusat, termasuk APBD, untuk itu, cabang-cabang unggulan ini memang harus maju kedepan dan cabang-cabang olahraga lainnya, namun demikian termasuk cabang yang lainnya, juga kita akan memperhatikan, mudah-mudahan, cabang olahraga lainnya bisa menyusul menjadi cabang unggulan,” kata Asrul.

 

Bola basket menurutnya tidak asing di Bagansiapiapi dan sudah terkenal dari dulunya, bahkan lawan tanding merupakan Sumatera Utara, maka perlu dibangkitkan lagi.

 

“Cabang unggulan ini sudah mendapat rekomendasi Bapak Bupati dan Ketua DPRD Rokan Hilir, dan malahan, beliau sudah berjanji, salah satu diantaranya, sarana yang ada di Batu Enam, Gedung Olahraga, telah diserahkan kepada Perbasi, yang perlu, dapat dilengkapi melalui Dispora,” ucap Asrul.

 

Atlit yang didominasi warga WNI keturunan, diharapkan Asrul untuk bisa disatukan dengan atlit lainnya, dengan melakukan pembinaan pada sejumlah sekolah.

 

Sementara itu, Plt Sekda Drs H Surya Arfan juga menyampaikan, meminta pengurus Perbasi yang baru dilantik untuk bisa memajukan cabor basket, dan menantang agar mendapatkan medali emas pada Porprov 2017 di Kampar. “Saya tantang, karena menjadi cabang unggulan, basket Rohil mendapat medali emas pada Porprov 2017 di Kampar,” tutup Surya.

 

Tidak hanya Plt Sekda yang hadir, asisten III Bidang Kesra H Ali Asfar, Damdim 0321 Rohil, Kepala Badan/kantor yang berada di lingkungan Kabupaten Rohil.***Jr