Bupati Suyatno Minta Warga Tionghua Merayakan Tahun Imlek Dan Cap Go Meh Jagan Berlebihan

Selasa, 02 Februari 2016

Bupati Rohil, H Suyatno

PELITARIAU,ROHIL- Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno Amp meminta kepada warga Tionghoa yang berada di Rohil, kususnya Bagansiapiapi yang akan merayakan tahun baru Imlek dan Cap Go Meh pada Senin 8 Februari 2016 mendatang, jagan berlebihan. 

 

"Silahkan merayakan, tapi jagan berlebihan. Apa lagi menyalakan kembang api jangan sampai berlebihan dan membuat warga lain terganggu sehingga menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan," Kata Bupati.

 

Bupati Suyatno juga menghimbau kepada umah agama lainya agar dapat juga hormat-menghormati masyarakat Tionghua yang akan melaksanakan perayaan Imlek dan Cap Go Meh,"Ucapnya.

 

"Setiap tahun perayaan tahun Imlek dan Cap Go Meh selalu berjalan aman dan tertib, bahkan masyarakat yang lain juga menghormati dan bahkan juga ikut menyaksikan hiburan yang dibuat oleh saudara kita ini yang merayakan Imlek dan Cap Go Meh,” ujar Suyatno.

 

Dijelaskan, di Indonesia, tahun baru Imlek ditetapkan sebagai hari libur nasional berdasarkan Keppres No 19/2002 dan mulai dirayakan sebagai hari libur nasional sejak tahun 2003. Selain di Indonesia, tahun baru Imlek juga merupakan hari libur nasional di Brunei, Filipina, Korea, Malaysia, Mauritius, Singapura, Tiongkok, Vietnam dan Thailand.

 

“Biasa Pemkab Rohil tiap tahun diundang guna turut memeriahkan acara tersebut, tentu saja kita sangat menghormati dan mudah-mudahan kerukunan bisa tetap terjalin dengan baik dan saling hormat menghormati dalam kerukunan umat beragama,”ujarnya.***Jr