Festival Jung Titis, Ratusan Masyarakat Ikuti Berbagai Perlombaan

Rabu, 02 Desember 2015

Masyarakat ikuti perlombaan dalam Festival Jung Titis

PELITARIAU, Meranti- Sebanyak 113 peserta Jung Titis dan 47 peserta Jung Pelepah mengikuti perlombaan dalam Festival Jung Titis yang digelar di sebuah Pantai yang ada di Desa Beting, Desa Kuala Merbau, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, yang berlangsung pada Minggu (29/11/2015) siang.

Dalam hal itu, Ketua Pantia Pelaksana, Ricky Kurniawan didampingi Korlap, Hamdan Menjelaskan bahwa Festival Jung Titis yang digelar di Pulau Merbau guna untuk menghibur dan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengenali tentang wisata bahari di wilayah Pulau Merbau.

"Kegiatan yang kita buat ini semata-mata untuk menghibur masyarakat khususnya di Pulau Merbau ini dan warga di Kepulauan Meranti pada umumnya," sebutnya.

Festival perdana yang digelar selama berdirinya Kabupaten Kepulauan Meranti itu mendapat dukungan yang sangat luar biasa dari masyarakat setempat.

Camat Pulau Merbau, H Edy M Nur juga mengharapkan Festival Jung Titis yang telah hilang di bumi Meranti itu bisa dihidupkan kembali sehingga menjadi wisata unggulan di Kecamatan Pulau Merbau.

"Mudah- mudahan Jung Titis ini bisa dilestarikan kembali dan menjadi lomba satu-satunya yang tidak ada di Kecamatan lain melainkan di Pulau Merbau ini," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Formi Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs H Zubiarsyah MS Melalui Kabid Permainan Tradisional, H Ja'afar mengungkapkan walaupun ini kegiatan perdana tapi tak kalah dengan kabupaten lain dan permainaan masyarakat pesisir itu juga perlu dilestarikan.

"Kami sangat mendukung sekali kegiatan ini dan berharap akan menjadi wisata unggulan di Kabupaten Kepulauan Meranti," ungkapnya.

Adapun pemenang dalam perlombaan tersebut, untuk Festival Jung Titis Juara I dimenangkan oleh peserta yang memegang undian nomor 10 atas nama Rifai warga Desa Pangkalan Balai Kecamatan Pulau Merbau. Selanjutnya untuk Festival Jung Pelepah dimenangkan oleh warga Desa Kuala Merbau yakni, M Rafi, Aldi dan Nanda.***wr