Lomba Mendongkah, Ribuan Masyarakat Padati Pantai Tanjungpisang

Rabu, 25 November 2015

Ribuan Masyarakat berbondong-bondong untuk melihat Pesta Pantai Tanjungpisang ke-3

PELITARIAU, Meranti- Pagelaran Pesta Pantai Tanjungpisang ke-3 yang digelar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kepulauan Meranti pada Selasa (24/11/2015) mengundang antusias warga untuk datang menyaksikan.

Sedikitnya, sekitar dua ribuan masyarakat setempat memadati lokasi tempat acara tersebut berlangsung, di desa tanjung pisang Kecamatan Tasik Putripuyu Kabupaten Kepulauan Meranti.

Tampak Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Meranti, H Edy Kusdarwanto MM, yang diwakili Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM, Drs Teddy Mar, yang membuka agenda tahunan Disparpora itu.

Dalam acara mendongkah atau berselancar dengan selembar papan di atas pantai berlumpur juga tidak ketinggalan difestivalkan pada pesta di tahun ketiga itu.

"Festival mendongkah ini merupakan upaya nyata untuk mendedahkan serta menempatkan budaya tradisi tempatan sebagai ikon daerah," ucap Staf Ahli Teddy.

Dia juga mengaku sangat bersyukur atas partisipasi pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kretif dalam mensukseskan acara tersebut. Diharapkan dengan agenda tahunan ini mampu membantu meningkatkan ekonomi masyarakat tempatan.

"Kita harap iven ini mampu menjadi salah satu iven unggulan sekaligus pintu gerbang kepariwisataan di wilayah timur Provinsi Riau," harapnya.

Selain itu pula, Kadisparpora Kepulauan Meranti, Drs Ishak Izrai, mengaku kalau festival mendongkah tahun ini ada peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Kendati demikian, dia berharap kedepannya iven ini lebih meriah lagi.

"Partisipasi masyarakat sangat penting dalam mensukseskan setiap kegiatan yang dilaksanakan. Karena kekompakanlah yang menentukan sukses atau tidaknya suatu kegiatan," katanya.

Dalam perlombaan mendongkah yang berlangsung, sekitar 48 peserta turut ambil bagian, dengan rincian 31 peserta putra dan 17 peserta putri, juara satu putra diraih Sapri, juara dua Hendri, dan juara tiga Juprizal. Sementara juara satu putri dimenangkan Salmah, juara dua Faridah, dan juara tiga Ramiah.***wr