Bupati Rohil: Kades Harus Mampu Merangkul Masyarakat

Rabu, 11 November 2015

Bupati Rohil, H Suyatno Amp

PELITARIAU, Bagansiapiapi- Seorang Kepala Desa (Kades) harus mampu meningkatkan kepercayaan dan amanah yang diberikan masyarakat. Kepercayaan dan amanah itu seperti meningkatkan kinerja pemerintahan di Desa dengan menyelesaikan tugas-tugas pelayanan serta berbagai persoalan ditengah masyarakat.

"Maka kepercaayaan dan amanah yang diberikan kepada Kades dengan menyelesaikan tugas- tugas pelayanan dan persoalan yang ada di masyarakat harus dilaksanakan kades dengan rasa tanggung jawab," demikian dikatakan Bupati Rohil H Suyatno belum lama ini kepada Wartawan di Bagansiapiapi.

Ia mengatakan, sebagai kades dan orang yang dituakan selangkah di desa untuk membantu perpanjangan tangan pemerintah Kabupaten, Kades harus menyadari tidak semua proses Demokrasi yang didukung oleh masyarakat, disitulah perana Kades,"jelasnya.

"Artinya seorang Kades harus mampu merangkul semua lapisan masyarakat baik yang pro kepadanya maupun yang tidak. Sehingga dengan sendirinya roda pembangunan di pemerintahan Desa akan berjalan dengan semestinya,"jelas H Suyatno.

Selain itu,seorang Kades harus mampu mengevaluasi kepemimpinan Pemerintahan, sehingga dengan begitu dirinya akan menemukan kekurangan dan kelemahan yang akan menjadi prioritas dalam memacu pembangunan di Desanya.

Bupati juga  minta, Kades jangan membeda-bedakan kelompok masyarakat, akan tetapi dalam mengambil suatu keputusan harus melibatkan masyarakat dengan bermusyawarah dengan pemerintahan di desa seperti BPK, LKMD dan PKK serta pemuda dan komponen masyarakat lainnya,"ucapnya.***Zi