Mantap, Dua Siswi SMP Inhu Mewakili Riau Lomba Penelitian Ilmiah

Rabu, 10 September 2014

ilustrasi

PELITARIAU, Rengat-Mantap, prestasi dua siswi SMPN 1 Sungai Lala Inhu akan mewakili Provinsi Riau pada lomba penelitian ilmiah remaja tingkat Provinsi Riau. Keberhasilan dua siswi SMPN 1 Sungai Lala tersebut setelah sebelumnya berhasil meraih juara pertama pada lomba yang sama tingkat Provinsi Riau.

 

Lomba penelitian ilmiah remaja yang diikuti dua siswi tersebut mengangkat karya tentang tata cara menguji keasama tanah (pH tanah) melalui indikator pH universal. Alat yang digunakan untuk mengetahui keasaman tanah itu diciptakan melalui sejumlah bahan-bahan diantaranya, bunga kertas ungu, bunga kertas merah, bunga tapak, daun merah muda, bunga matahari dan sejumlah bunga lainnya.

 

“Selain bunga, juga ada sejumlah zat kimia seperti etanol, asam aselet dan natrium indroksida,” ungkap Kepala SMPN 1 Sungai Lala Sudarmono.

 

Menurutnya alat yang diciptakan itu dinilai sangat sederhana. Karena dari cairan yang digunakan itu, setelah diteteskan ke kertas biasa akan dapat diketahui keasaman tanah. Sementara, alat untuk penguji keasaman tanah yang biasa dipakai ditengah-tengah masyarakat masih tergolong mahal.

 

 Dua siswi tersebut masing-masing Anita Aisyah dan Ophi Fransiska, siswi kelas VIII. (cr. rio)

 

Editorial: Rio Ahmad