Pemkab Kepulauan Meranti Akan Menghidupkan Minat Baca Anak-anak Dan Remaja

Selasa, 09 September 2014

Sekdakab Meranti, Drs Iqaruddin MSi, saat memberikan sambutan dalam pendidikan dan pelatihan perpustakaan dan arsip

PELITARIAU, SELATPANJANG - Menurunnya minat masyarakat mengunjungi perpustakaan menjadi pertanda rendahnya minat baca. Atas dasar itulah Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti akan kembali menghidupkan minat baca di masyarakat terutama di kalangan anak-anak dan remaja.

Upaya untuk menghidupkan kembali minat baca itu terungkap dalam Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan dan Arsip yang digelar Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti di Aula Kopitiam Selatpanjang, Senin (8/9). Pelatihan diikuti pengelola perpustakaan di tiap kecamatan dan desa, para guru, dan perwakilan dari kecamatan dan desa.

"Kita merasakan penurunan minat masyarakat mengunjungi perpustakaan. Kalau sudah begitu saya kira minat masyarakat membaca buku juga kurang. Ini jadi pekerjaan besar kita bagaimana meningkatkan minat baca karena hanya dengan membaca bisa mencerdaskan masyarakat," tegas Sekretaris Daerah Iqaruddin saat membuka Pelatihan tersebut, Seperti dilansir goriau.com.

Untuk ke depannya, Sekda meminta Kantor Perpustakaan bekerjasama dengan pihak kecamatan untuk membuat perpustakaan keliling. Menurutnya, bentuk perpustakaan keliling itu bisa disesuaikan dan tidak harus menggunakan mobil tapi juga bisa dengan memodifikasi sepeda motor jenis bajaj sehingga bisa menjangkau pelosok-pelosok terutama sekolah-sekolah di desa-desa.

"Saya kira kita perlu memikirkan bagaimana setiap desa memiliki perpustakaan. Kalau tiap desa punya pustaka, saya yakin minat baca bisa ditumbuhkembangkan dalam masyarakat. Saya juga minta Kantor Perpustakaan membangkitkan kembali minat masyarakat mengunjungi perpustakaan," sebutnya. (PR-cr.Ram)

 

Editorial : Ramdana Yudha