Sempena Peringatan HUT IBI Ke-64, Pj Bupati Minta Bidan Kedepankan Nilai Kemanusiaan

Jumat, 06 November 2015

Prosesi Pemotongan Nasi Tumpeng Di HUT IBI KE-64 oleh Pj Bupati dan rombongan

PELITARIAU, Selatpanjang- Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar sempena peringataan hari IBI Ke-64, pada Kamis (5/11) yang berlangsung di Aula Afifa Selatpanjang. adapun tema yang diusung ialah Bidan mengawal 1000 hari pertama kehidupan dalam rangka mewujudkan generasi yang berkwalitas.

Acara turut dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Meranti H Edy Kusdarwanto, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kepulauan Meranti, Direktur RSUD Meranti, Anggota DPRD Meranti, Kepala Kantor Pemberdayaan Kabupaten Meranti, Camat Merbau, Ketua IBI Meranti beserta 237 orang anggota IBI Kabupaten Meranti.

Dalam Kesempatannya, Pj Bupati Kepulauan Meranti mengajak IBI dalam melaksanakan tugas pokoknya lebih mengedepankan nilai kemanusiaan tanpa ada materi.

"Mari bulatkan semangat IBI untuk meningkatkan kwalitas generasi bangsa dengan mengedepankan nilai kemanusiaan yang dilandasi ketuhanan yang maha esa sesuai dengan Indeologi Pancasila," ajak H Edy.

Menurutnya, nenek moyang bangsa Indonesia banyak meninggalkan pesan moral dalam hal menjaga kesehatan anak mulai dari kandungan hingga lahir kedunia. "Dalam mengawal itu jangan lupakan pesan dan nilai budaya yang ditinggalkan nenek moyang kita," ujar Pj Bupati.

Selain itu,  Ketua IBI Yenni Suhartini meyebutkan IBI sebagai wadah berkumpulnya profesi Bidan harus berupaya meningkatkan profesionalitas dan citra bidan yang diwujudkan melalui pelayanan dalam menekan angka kematian ibu dan bayi. "Ini sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai oleh pemerintah saat ini," jelas Yenni.

Untuk mewujudkannya, anggota IBI dituntut untuk terus mengembangkan keahlian dan profesionalitasnya sera kecintaan terhadap profesi dan sesama anggota IBI. "Bidan harus bisa menjaga nama baik profesi dengan memberikan pelayanan terbaik kepasa masyarakat," harapnya.

Ketua IBI Provinsi Riau Asmawati pada kesempatan HUT IBI Ke-64 juga mengajak seluruh anggota IBI untuk mengisi dan mengembangkan pengetahuan melalui seminar dan pelatihan. Sehingga dari 13 ribu Bidan yang ada di Provinsi Riau dan yang tergabung dalam IBI sebanyak 6 ribu Bidan dapat melaksanakan tugas pokoknya mengawal kesehatan ibu dan anak secara lebih profesional paling tidak hingga usia anak 2 tahun yang menjadi tanggung jawab IBI.

Ia juga mengajak kepada para Bidan yang belum bergabung kedalam IBI untui segera bergabung untuk memudahkan dalam hal perpanjangan praktek. "Memperpanjang izin praktek harus melalui organisasi IBI jadi mari bergabung," ajaknya.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati dan rombongan berkesempatan memotong nasi tumpeng HUT IBI dan memberikan hadiah kepada para pemenang lomba SempenaHUT IBI diantaranya Penyerahan hadiah Lomba Cerdas Cermat, Musyawarah Ranting, serta Penampilan dan Bakat.***wr