PKS Targetkan Perolehan Suara 12 Persen di Pileg 2019

Rabu, 04 November 2015

Presiden PKS Sohibul Iman

PELITARIAU, Depok - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menargetkan perolehan suara 12 persen pada pelaksanaan Pemilu Legislatif 2019 mendatang. Sejumlah langkah pun telah disusun untuk merealisasikan target tersebut.

"PKS ingin naik kelas menjadi parpol papan atas dengan target di atas 10 persen. Secara nasional kami tetapkan agregatnya 12 persen," kata Presiden PKS Sohibul Iman usai Mukernas IV PKS di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat, Rabu (4/11/2015).

Target tersebut naik hampir dua kali lipat jika dibandingkan perolehan suara PKS pada Pileg 2014 lalu yang hanya 8.480.204 suara atau sekitar 6,79 persen.

Meski demikian, ia menilai, target itu masih cukup realistis jika melihat perolehan suara di masing-masing daerah saat pileg lalu.

"Di beberapa daerah ada yang capaiannya 10 persen, 12 persen, dan itu banyak. Hasil pembacaan kami atas peta politik di wilayah juga menemukan angka 12 persen itu," kata dia.

Sementara itu, beberapa strategi telah disiapkan untuk mewujudkannya, seperti penjaringan caleg dini dan menerapkan tagline Mukernas IV PKS yaitu 'Berkhidmat untuk Rakyat'. Penjaringan caleg dini akan dilakukan dua tahun sebelum pileg diselenggarakan.

Hal ini dilakukan untuk memberikan ruang yang lebih luas bagi caleg untuk bertemu dengan konstituenn mereka.

"Kami juga minta kepada kader di bawah untuk menerapkan tagline Mukernas. Dengan demikian diharapkan hal itu dapat mendorong perolehan suara PKS," ujarnya.(kompas)