Panwas Rohil Gelar Pemilih Pemula Di SMA I Pujud

Senin, 02 November 2015

Ketua Panwas Rohil Jaka Abdillah SA,g dampinggi panwascam Pujud Abdul Gani beserta pemilih pemula

Pelitariau,Rohil- Panitia Pengawas Pemilu ( Panwaslu) kabupaten Rokan Hilir kembali menggelar Sosialisasi kepada pemilih pemula di SMA Negeri I Pujud,kecamatan Pujud, Kabupaten Rokan Hilir, senin (2/11). Hadir dalam kegiatan ini selaku pembicara, Ketua Panwaslu Rohil, Jaka Abdillah SA,g didampinggi Panwascam Pujud Abdul Gani SP,d beserta puluhan pemilih pemula dari kalangan pelajar.

Dihadapan siswa dan siswi ini, memaparkan tentang pilkada, kerawanan pilkada, partisipasi masyarakat, strategi pengawasan,serta kalau ada pasangan calon melakukan politik uang, pelih pemula dapat melaporkan kepada Panwas, dan indentitas pelapor akan dirasiakan oleh panwas.

Dia menjelaskan, potensi masalah dalam pilkada kerap kali terjadi seperti adanya pemilih ganda, data pemilih invalid, pemilih tidak dikenal/ fiktif, data pemilih tidak lengkap, kurangnya akurasi data pemilih dan derajat kemutakhiran data pemilih. “Hal-hal yang seperti ini yang kerap menjadi potensi permasalahan dalam setiap pilkada. oleh sebab itu, peran pemilih pemula sangat dibutuhkan untuk menciptakan pilkada tanpa masalah dikemudin hari,”kata jaka Abdillah.

Pentingnya sosialisasi menurut pria yang juga  ketua PWI Rohil karena pemilih  pemula yang dalam kaidah kepemiluan disebut juga sebagai kelompok swing votters yaitu kelompok pemilih mengambang, "kelompok ini belum bisa menentukan sikap siapa calon yang akan dipilihnya,  penamaan sebagai kelompok swing votters juga karena mereka dikategorikan baru pertama ikut memilih, "Papar Jaka Abdillah.
 
Kemudian daripada itu Jaka juga berpesan kepada seluruh paslon dan tim kJrampanye agar senantiasa menjaga kekondusifan suasana dalam menghadapi pilbup ini, "mari sama-sama kita jaga ketertiban dan sportivitas, "pesannya singkat***Jr