Jaka Abdillah Minta Pemilih Pemula Harus Aktif Melakukan Pengawasan

Sabtu, 31 Oktober 2015

Ketua Panwas Rohil Jaka Abdillah SA,g menyampaikan materi tentang pemilih pemula, perwakilan sekolah se kecamatan Bagansinembah

Pelitariau,Rohil- Dalam rangka memberikan pemahaman bagi para pemilih pemula, Panwaslu kabupaten Rokan Hilir melakukan sosialisasi yang mengundang perwakilan dari sekolah tingkat lanjutan atas se kecamatan Bagan Sinembah. Kegiatan sosialisasi selengarakan di gedung LAM kantor Camat Bagan Sinembah Sabtu (31/10). Untuk penyampaian materi tersebut langsung dilakukan ketua Panwas Rohil, Jaka Abdillah SA,g didampingi seluruh anggota Panwas kecamatan Bagan Sinembah.
 
Ketua Panwas Rohil Jaka Abdillah SA,g meminta kepada pemilih pemula juga harus aktif dalam melakukan pengawasan, dalam Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember mendatang. Selain itu, ketua Panwas juga mengingatkan kepada para pemilih pemula agar jeli dan berhati - hati dalam tahapan pilkada ini, sebab pemilih pemula merupakan pemilih yang rentan  diarahkan dengan bujuk rayu, bahkan bisa sampai terlibat melakukan pelanggaran.
 
Jaka mencontohkan politik uang,  adalah cara yang salah dan tidak boleh dilakukan, hal itu biasa dilakukan dengan cara merayu untuk memilih salah satu calon dengan memberikan imbalan.
 
" Politik uang biasanya malam hari dan bahkan subuh, ini harus diwaspadai, kalau mengetahui, segera laporkan kepada pawas kecamatan, sebab itu adalah perbuatan yang salah," jelas Jaka.
 
Setelah menjelaskan tahapan - tahapan pilkada, baik dari sistem tahapan kampanye hingga pelanggaran kampanye dan pelanggaran alat peraga kampanye, Ketua panwas ini meminta agar pemilih pemula dapat berperan aktif dalam pilkada serentak.
 
" Cara awal yang adik - adik lakukan adalah, menyampaikan apa yang sudah didapat dalam sosialisasi ini kepada teman - teman dan keluarga atau siapapun, agar pilkada serentak nanti berlangsung dengan baik tanpa ada pelanggaran," harap Jaka.
 
jaka juga meminta kepada para pemilih pemula agar memiliki pendirian yang kuat, pilih sesuai dengan hati, dan terutama jangan terlibat dalam melakukan pelanggaran pemilihan nantinya.
 
Usai melakukan pemaparannya, acara dilanjutkan tanya jawab seputaran apa yang sudah disampaikan, mulai dari tahapan kampanye hingga pemilihan.***Jr