Rakor Kades se Inhu , Membina Masyarakat Isu Utama Dalam Pembahasan

Selasa, 27 Oktober 2015

ilustrasi@net

PELITARIAU, Rengat- Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa (Bapemas Pemdes) Inhu menggelar Rapat Koordinasi Kepala Desa se Inhu yang dilaksanakan di Gedung Sejuta Sungkai Jalan Ahmad Yani Rengat, Selasa (27/10).

Dalam pelaksanaan rapat koordinasi yang diikuti para Kepala Desa se Inhu, hadir sekaligus membuka pelaksanaanya Penjabat (Pj) Bupati Inhu H Kasiarudin SH.

Turut hadir juga dalam kegiatan itu Kepala Bapemas Pemdes Inhu Drs Suratman, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Hendri S Sos serta para camat se Kab. Inhu.

Drs Suratman mengungkapkan bahwa berbagai pembahasan terkait aturan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa serta pemberdayaan masyarakat desa menjadi pembahasan utama dalam rapat ini.

Maka dari itu diharapkan melalui rapat koordinasi ini mampu menjadi sarana serta wadah bagi para kepala desa agar lebih memahami dan mengerti akan tugas dan tanggung jawab sebagai kepala desa yang kedepannya akan semakin berat.

Sementara itu, sebelum membuka secara resmi pelaksanaan rapat koordinasi, Penjabat Bupati Inhu H Kasiarudin SH menjelaskan bahwa berdasarkan undang-undang nomor 6  tahun 2014 tentang desa, pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran kepada desa.

Agar dalam penyaluran dana tersebut dapat teralokasikan secara tepat sasaran dan senantiasa memprioritaskan kepentingan masyarakat, maka melalui rapat koordninasi ini nantinya akan dibahas terkait dengan aturan yang menjadi pedoman bagi para kades.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Inhu H Kasiarudin SH juga memberikan masukan melalui pemaparan materi tentang pemerintahan desa sekaligus berharap para kepala desa yang merupakan bagian dari ASN non PNS, agar mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya bagi desa dan kesejahteraan masyarakat  secara profesional, dengan didasari pada Pancasila sebagai dasar pedoman.***yd