Ini Jumlah Penduduk Inhu Hingga Juni 2015

Selasa, 27 Oktober 2015

ilustrasi data penduduk

PELITARIAU, Rengat- Pergeserah jumlah data penduduk di wilayah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) terus mengalami perubahan, perubahan data penduduk terus berubah per-hari, minggu bulan dan tahun namun terus mengalami penambahan.

Hingga Juni 2015 jumlah penduduk Inhu sudah mencapai 417 ribu jiwa yang terdiri dari jumlah laki-laki lebih dari 214 jiwa dan jumlah perempuan mencapai lebih dari 202 ribu jiwa. Perubahan jumlah penduduk tersebut sesuai dengan data penduduk yang tercatat di Dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) Inhu.

Kepala Disdukcapil Inhu Drs Abdul Fattah didamping Kabid Kependudukan Yusrizal ketika dikonfirmasi pelitariau.com Selasa (27/10) menjelaskan, kalau data kependudukan di Inhu terus di abdet setiap hari namun di Rekap dalam data Base perbulan.

"Perubahan data penduduk Inhu sesuai dengan keluar masuk penduduk Inhu yang mengurus administrasi kependudukan," jelasnya.

Dijelaskannya, Setiap warga negara diwajibkan memiliki data kependudukan dan terdaftar di Dinas kependudukan tempat domisili tinggalnya, hal tersebut diatur dalam UU kependudukan nomor 24 tahun 2013 tentang Adminduk.

"Berkaitan dengan pelaksanaan pemilihan umum, Disdukcapil tifak pernah menyerahkan data penduduk ke KPU Inhu, data penduduk Inhu yang menjadi daftar pemilih sesuai dengan data Adminduk pusat yang diserahkan ke KPU pusat. "Data pemilih diverifikasi oleh KPU daerah, barulah mendapatkan data pemilih tetap yang terdaftar di KPU Inhu," jelas Fattah.**hf.