PT Liga Indonesia Gelar Liga Independen sebagai Pengganti ISL

Ahad, 25 Oktober 2015

PT Liga Indonesia menggelar RUPS Luar Biasa, salah satu keputusannya adalah rencana menggulirkan Liga Independen sebagai pengganti ISL dan Divisi Utama

PELITARIAU, Jakarta - Operator kompetisi sepak bola profesional di Indonesia, PT Liga Indonesia berencana menggelar semi-kompetisi pada bulan Febuari 2016, di tengah pembekuan PSSI terhadap Pemerintah. Rencana tersebut sudah mendapatkan restu dari pemegang saham PT Liga, yang berisikan 18 klub ISL serta PSSI.

Kabar tersebut diungkapkan oleh CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono, usai menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa 2015, di Hotel Park Lane, Jakarta, Sabtu (24/10/2015).

"Sebetulnya di luar keputusan RUPS Luar Biasa, terdapat hal yang menarik. Kami punya rencana yang telah disetejui para pemegang saham, yaitu PSSI beserta 18 klub ISL. Kami akan menggelar semi kompetisi atau Liga Independen. Ini tantangan dan kesempatan buat manajemen PT Liga, di tengah vakumnya kompetisi profesional," ungkap Joko.

Joko mengatakan, semi-kompetisi yang akan dijalankan hanya berlangsung selama delapan bulan, mulai dari Febuari hingga Oktober 2016. Semi-kompetisi tersebut tidak akan menggunakan sistem degradasi dan promosi.

"Ada dua event dalam semi kompetisi tersebut. Satu untuk klub-klub ISL, satu lagi untuk Divisi Utama, semuanya mirip kompetisi profesional. Tapi, tidak ada klub yang promosi dan degradasi, maupun yang juara tidak ikut ke Liga Champions Asia dan Piala AFC karena Indonesia masih dihukum oleh FIFA. Pesertanya masih sama seperti ISL 2015 yang dihentikan," kata Joko.

Menurut Joko, langkah tersebut diambil karena klub-klub ISL ingin aktivitas tetap ada. PT Liga Indonesia akan menginformasikan kepada klub Divisi Utama yang tidak mengikuti RUPS.

"Kami punya harapan Indonesia masih bisa bermain di Piala AFF 2016. Jika suatu saat FIFA mencabut hukuman kepada Indonesia sebelum Piala AFF 2016, maka semi-kompetisi tersebut sebagai persiapan Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2016, Desember 2016," ujar Joko.(bola)