Karhutla Di Meranti Dapat Perhatian Khusus Dari Polda Riau

Jumat, 23 Oktober 2015

Tim Dir Binmas Polda Riau Foto Bersama Dengan Unsur Pemkab dan Masyarakat

PELITARIAU, Selatpanjang- Tim Direktorat Bimbingan Masyarakat (Binmas) Polda Riau mengadakan Forum Group Diskusi (FGD), pada Kamis (22/10) kemarin, di Aula Kantor Camat Tebing Tinggi Jalan Rumbia Selatpanjang.

Tujuan dalam hal itu ialah untuk mensosialisasikan cara menanggulangi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang saat ini makin marak terjadi di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Dalam acara yang mengangkat tema "Desa Melawan Karlahut Bahaya Asap"  turut dihadiri, kalangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti, Pemerintah Desa (pemdes) yang Merupakan Tempat dimana daerahnya mengalami kebakaran, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat serta jajaran TNI, Polres Kepulauan Meranti dan Polsek setempat.

Kasubditbinmas AKBP M Yunus dalam kesempatan, mengajak  semua unsur masyarakat untuk terus berupaya dalam mengatasi masalah kebakaran yang terjadi, agar masalah seperti ini dapat cepat terselesaikan.

M Yunus juga memberikan arahan sebelum menangani karhutla, "Untuk maemaksimalkan tugas kita dalam memadamkan titik api, disni kita harus mulai mempersiapkan dengan matang, dengan cara membuat kanal didekat lokasi. agar nantinya kanal yang ada air bisa kita manfaatkan," jelasnya.

"karena fungsi kanal tersebut banyak. bisa dimanfaatkan air dari kanal itu untuk pemadaman dan juga bisa menyekat air dilokasi supaya tidak terjadi kekeringan yang bisa menyebabkan kebakaran," tambahnya.

Tak hanya itu saja, dia juga mengarahkan kepada Masyarakat dari unsur apapun yang ada disini dapat mensosialisasikan kepada masyarakat halayak ramai terkait hal ini, supaya kedepan tidak ada yang membakar hutan atau lahan. maupun itu disengaja atau tidak.***wr