Nelayan Tanah Putih Dapat Bantuan Jaring Ikan

Selasa, 20 Oktober 2015

ilustrasi@net

PELITARIAU, Bagansiapiapi- Setelah nelayan di Kecamatan Sinaboi, memperoleh bantuan jaring udang dari pemerintah pusat, giliran ratusan nelayan di Kecamatan Tanah Putih Sedinginan, yang akan menerima bantuan jaring ikan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemkab Rohil, Muhammad Amin SPi MSi mengatakan direncanakan bantuan jaring ikan ini diberikan kepada nelayan di tiga kepenghuluan, yakni Kepenghuluan Sedinginan, Ujung Tanjung dan Sei Keladi.

"Jaring ikan yang akan diberikan sebanyak 500 pcs. Anggaran pengadaan bantuan jaring ikan ini bersumber dari APBD Rohil," kata Kepala DKP Rohil Muhammad Amin SPi MSi di Bagan Centre baru-baru ini.

Dinas Kelautan dan Perikanan Rohil, terang dia, saat ini masih menunggu konfirmasi lebih lanjut dari Camat Tanah Putih Sedinginan mengenai penerima jaring ikan ini.Jika camat merekomendasikan nelayan di kepenghuluan lain juga perlu menerima bantuan jaring dari Pemkab Rohil tersebut, maka DKP Rohil akan memberikan bantuan jaring kepada nelayan desa lainnya itu.

"Kita masih menunggu permintaan dari camat.Artinya,kita sangat apresiasi sekali atas usulan yang disampaikan camat.Kalau camat meminta nelayan di kepenghuluan lain memperoleh bantuan, maka akan kita berikan. Jadi kita masih menunggu usulan dari camat," terang Amin.

Nelayan penerima bantuan jaring ikan ini, terang Amin, merupakan para nelayan Sungai Rokan. Amin berharap nelayan penerima bantuan jaring dapat segera mempergunakan jaring bantuan tersebut, sesuai dengan peruntukan.

"Kalau tidak butuh, jangan diterima.Yang telah mendapat bantuan jangan pula bantuannya dijual belikan,dan jangan pula disimpan tanpa dipergunakan," harap Amin.

Sungai yang bermuara di Kota Bagansiapiapi ini, jelas dia, banyak menghasilkan ikan jenis patin sungai, baung, ikan selais, dan ikan tapah. "Ikan dari Sungai Rokan, ada dikonsumsi dalam bentuk basah, juga ada yang telah diolah menjadi ikan salai, seperti selai ikan baung dan selai ikan selais,"jelasnya.***Zi