Kabupaten Rohil Laksanakan Pemijahan Ikan Selais

Selasa, 20 Oktober 2015

internet

PELITARIAU, Bagansiapiapi- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Rohil sejak Mei 2015 lalu telah melakukan pemijahan buatan ikan selais, di Balai Benih Ikan Ujung Tanjung, Tanah Putih.

"Hanya Rohil yang melaksanakan pemijahan buatan pada ikan selais. Dinas Kelautan dan Perikanan kabupaten dan kota lainnya di Riau ini belum ada yang  melakukan pemijahan buatan pada ikan selais," kata Kepala DKP Rohil Muhammad Amin MSi, kemarin kepada para wartawan.

Balai Pembibitan Ikan di Ujung Tanjung ini, jelas Amin, selain telah berhasil melakukan pemijahan buatan pada ikan selais dan ikan baung, sebelumnya juga telah berhasil melakukan pemijahan buatan pada ikan lele, ikan patin, ikan nila dan gurami.

"Kedepan kita juga akan melakukan pemijahan buatan pada kerang dan kepiting. Tentunya pemijahan buatan pada kerang dan kepiting tidak mudah. Perlu penelitian dan percobaan yang akan memakan waktu lebih lama," jelas Muhammad Amin.

Dikatakan Kepala DKP, pemijahan kerang perlu dilakukan guna meningkatkan pengadaan benih kerang dan anakan kepiting. Apa lagi, terangnya, benih kerang dan anakan kepiting yang dipergunakan nelayan budidaya berasal dari alam.

"Peternak kepiting dan kerang, seperti di Panipahan sekarang ini memanfaatkan benih dari alam, yang jumlahnya terbatas dan cendrung semakin berkurang. Sehingga perlu dilakukan pemijahan kerang dan kepiting agar nantinya bisa dimanfaatkan peternak buat diternakan,"pungkas Amin.***Zi