FMPST Bersama Masyarakat Gelar Ritual Bele Kampung

Sabtu, 17 Oktober 2015

Suasana Ritual

PELITARIAU, Meranti- Forum Mahasiswa Pemuda Selatpanjang Timur (FMPST) bersama dengan masyarakat menggelar Ritual Ghatib Zaman (Bele Kampung) pada Jumat (16/10/15) malam sekitar pukul 20.00 WIB hingga pukul 21.50 WIB, di kawasan Selatpanjang Timur.

 

Aksi tersebut mendapat respon positif oleh masyarakat dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kepulauan Meranti. terbukti saat kegiatan tersebut berlangsung, ratusan masyarakat setempat bersama sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab Kepulauan Meranti turut menyaksikan. Serta, tampak pula personil Polres Kepulauan Meranti, Dinas Perhubungan (Dishub) Kepulauan Meranti, Satpol PP Meranti, dan Pemadam Kebakaran (Damkar) yang turut menjaga.

 

Dalam pembukaan acaara, Ketua FMPST Andika, mengarahakan kepada masyarakat supaya menonaktifkan Handphone dan kenderaannya, "Agar selama prosesi berlangsung dapat berjalan dengan sesuai rencana," terangnya.

 

"Untuk anak-anak dan wanita yang berhalangan dilarang mengikuti acara, dan selama prosesi peserta diharapkan melantunkan dzikir selama perjalanan. Bagi masyarakat yang rumahnya dilewati rombongan diharapkan meletakkan air di depan rumah masing-masing dengan membuka tutupnya," terang Andika.

 

Pelaksanaan dimulai dengan berjalan kaki dari Masjid Al-Mujahidin Jalan Banglas simpang Dorak hingga berakhir di Hilir Sungai Jelutung Jalan Lingkar Dorak yang berjarak hampir 8 KM. Serta Selama perjalanan juga rombongan melantunkan dzikir. Saat tiba di Sungai Jelutung, rombongan berhenti dan membacakan doa, memohon kepada Allah SWT agar penduduk kampung dijauhkan dari segala marabahaya dan senantiasa diberikan rahmat oleh yang Maha Kuasa.***wr