RUPS PT RAL Akan Kembali di Gelar

Rabu, 14 Oktober 2015

Plt Gubernur Riau saat Membuka Rakor RUPS PT. RAL di Hotel Premier Pekanbaru

PELITARIAU, Pekanbaru- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengakui, adanya masukan dari sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Riau untuk melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) terhadap PT Riau Airlines (PT RAL).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) secara resmi sudah menyurati Pemprov Riau agar RUPS itu segera secepatnya digelar.

"Pemkab Inhil telah menyurati kami, Mereka minta RUPS PT RAL segera dilaksanakan. Untuk itu kami akan tindaklanjuti segera masukan ini," ujar Plt Gubri Arsyadjuliandi Rachman kepada pelitariau.com usai membuka rapat koordinasi di Hotel Premier Pekanbar, Selasa (13/10) Pagi.

Dalam rangka pembinaan, koordinasi, pemantauan dan evaluasi BUMD se-Provinsi Riau tahun 2015, Plt Gubri menerangkan, bahwa Pemkab Inhil merupakan salah satu pemegang saham di Riau Airlines, tentunya Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ingin tahu bagaimana perkembangan saham yang ada di PT RAL.

"Kami sudah menyampaikan kepada Asisten II Setdaprov Riau dan Biro Ekonomi agar segera mempelajari dari sisi hukum dan sisi bisnisnya, karena status Riau Airlines berbeda dengan status-status BUMD lainnya," Ungkap Andi Rachman.


Oleh karena itu, untuk diketahui PT RAL ini merupakan salah satu perusahaan BUMD milik Pemprov Riau yang berdiri pada tahun 2002.

"Namun pada tahun 2011 yang lalu maskapai ini telah berhenti beroperasi, bahkan seluruh pesawatnya telah disita karena menunggaknya kredit bank dan pajak ke negara hingga Rp79 miliar, hal ini yang menyebabkan PT. RAL tidak dapat Beroperasi lagi di Riau hingga kini," jelas Plt Gubri.***osp