Pemkab Rohil Bakal Gabungkan SOTK

Kamis, 08 Oktober 2015

Plt Sekda Rohil, Drs H Surya Arfan MSi

PELITARIAU, Bagansiapiapi- Pemerintah Rokan Hilir akan menggabungkan beberapa Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) dan akan dibentuk SOTK yang baru, pasalnya SOTK yang lama ada kesamaan tupoksi. SOTK yang baru seperti Badan Pengelola Keuangan dan aset daearah.

"Dengan SOTK yang baru ini kita akan gabungkan dua kepala bagian yakni kepala bagian keuangan dan kepala Bagian perlengkapan," kata Plt Sekda Rokan Hilir H Surya Arfan kemarin.

Kemudian kata H Surya Arfan, Pemkab Rohil akan menggabungkan Pemerintah Desa (Pemdes) dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas). Kemudian Badan Pendataan Data Elektronik (PDE) akan bergabung ke Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

"Insya allah tahun 2016 sudah akan diterapkan,"jelas Plt Sekda H Surya Arfan. Plt Sekda memberikan alasan, sebab tidak efiesien maka dengan penggabungan tersebut akan bisa berjalan secara maksimal sesuai harapan. Contoh di Bapemas sendiri ada tupoksi yang tumpang tindih, sebab di Bapemas juga ada kabidnya dan ada lagi kabag Pemdes,"terang Surya Arfan.

"Ini kan lucu, kalau tidak digabung, sebab terjadi kegiatan yang sama diantara kedua SKPD itu. Dan ini juga akan memakan biaya ,inilah yang dikatakan tidak efiesien, sebab bisa dijadikan satu kegiatan menjadi dua kegiatan," jelas Plt Sekda.

Sementara ditambahkan Sekda terkait membentuk badan pelayanan keuangan sangat dibutuhkan,malahan Rokan Hilir dinilai sangat terlambat dari ibu kota / Kabupaten yang lain. Keberadaan badan tersebut dengan sendirinya akan mengurangi beban kerja sekretaris daerah. Dalam hal ini seluruh kebutuhan akademiknya juga sudah tersedia, dan 2016 sudah terbentuk," imbuhnya.***Zi