Di Pekanheran Mahasiswa KKN UNRI Periksa Kesehatan Warga

Jumat, 05 September 2014

KKN UNRI di Pekanheran Kecamatan Rengatbarat

PELITARIAU, Rengat - Mahasiswa/i Universitas Riau (Unri) yang melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2014 didesa Pekanheran menggelar kegiatan periksa kesehatan dan pengobatan geratis. dalam kegiatan tersebut sebanyak 125 masyarakat memeriksakan kesehatan dan berobat secara gratis, kegiatan digelar di kantor desa pada Kamis (04/9/2014).

Mahasiswa Kukerta Unri gelombang II tahun 2014 yang melaksanakan KKN sejak dua bulan lalu sudah menggelar berbagai kegiatan sosial di tengah masyarakat. kegiatan pengobatan gratis ini dilaksanakan dipenghujung kegiatan KKNnya. selanjutnya pada Rabu (10/9/2014) mendatang mahasiswa/i ini akan menggelar perpisahan dan kembali kekampusnya guna menyelesaikan perkuliahannya.

Pantauan dilapangan, kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis  di Balai Desa Pekanheran dimulai pada pukul 09.00-16.00 WIB, kegiatan yang ditaja bertemakan “Mari Peduli Kesehatan Sejak Dini Demi Membudayakan Lingkungan Masyarakat yang Sehat”. Ketua panitia yang juga ketua Kelompok KKN Unri tahun 2014 di Desa Pekanheran Kecamatan Rengatbarat Kabupaten Indragiri Hulu- Riau, Herriyansyah Fajar dari Fakultas Ekonomi didampingi Bendaharanya Diah Vania Pharamitha dari Fakultas Ekonomi.

 

Dikatakannya,  Periksa kesehatan warga diantaranya untuk mengetahui gula darah, asam urat, dan tekanan darah beserta pelayanan tentang deteksi dini gejala dan resiko penyakit keturunan. Masyarakat cukup antusias dalam pemeriksaan kesehatan dengan jumlah keseluruhan yang memeriksakan kesehatan sebanyak 125, yang terdiri dari 63 peserta memeriksa tekanan darah, 34 peserta memeriksa gula darah, 28 peserta memeriksa asam urat yang tiap peserta diberi pelayanan deteksi dini gejala dan resiko peyakit keturunan.

"Yang banyak memeriksakan kesehatan ibuk-ibuk, usianya rata-rata 45, ada juga masyarakat yang data namun tidak mau memeriksakan kesehatanya sebab terlihat cemas dan takut," ujar Herryansyah Seperti yang diucapkan salah satu warga, saat mamasiswa hendak menawarkan agar memeriksakan kesehatanya masyarakat tersebut mengatakan, “tak payahlah di periksa dek, kalo lah tau penyakit bikin takut-takut aje tu!” ujar warga tersebut.

Dengan kondisi tersebut, Mahasiswa yang kreatif menyampaikan dihadapan warga yang hadir, pemeriksaan kesehatan berguna untuk mengetahui kondisi tubuh kita, jika kondisi penyakit diketahui sejak dini maka akan ada upaya penderita untuk menghindari resiko yang terjadi.

"Kesehatan merupakan hal yang sangat berharga dan penting untuk diketahui sejak dini sesuai dengan motto lebih baik mencegah daripada mengobat," ujar Mahasiswa.(cr.pen)

Editorial : Ramdana Yudha