Rapat Paripurna Pandangan Umum DPRD Inhu

Selasa, 06 Oktober 2015

Rapat PARIPURNA Pandangan Umum DPRD Kabupaten Indragiri Hulu Terhadap Nota Keuangan R-APBD Perubahan Kabupaten Indragiri Hulu

PELITARIAU, Rengat- DPRD Indragiri Hulu (Inhu) kembali menggelar rapat paripurna penyampaian nota keuangan RAPBD Perubahan Tahun 2015, Selasa (6/10) di gedung DPRD Inhu. Agenda rapat paripurna ini untuk mendengarkan pandangan umum masing-masing fraksi terhadap pidato pengantar nota keuangan RAPBD Perubahan Tahun 2015 yang disampaikan Penjabat Bupati Inhu H Kasiarudin pada rapat paripurna sebelumnya.

Rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Inhu Sumini ini dihadiri 35 anggota DPRD Inhu. Kemudian sore harinya, DPRD Inhu langsung menggelar rapat paripurna untuk mendengarkan jawaban pemerintah atas pandangan umum masing-masing fraksi.

Hadir pada rapat paripurna tersebut Penjabat Bupati Inhu yang diwakilkan oleh Plt Sekda Inhu Isdjarwadi, anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, para pejabat dilingkungan Pemkab Inhu serta pimpinan BUMD dilingkungan Pemkab Inhu.

Pada rapat paripurna pandangan umum fraksi, umumnya seluruh fraksi yang ada di DPRD Inhu berharap adanya sinergi antara tim anggaran pemerintah daerah dengan DPRD Inhu sehingga program pembangunan dapat dilaksanakan dengan baik.

Selain itu, fraksi di DPRD Inhu minta program pembangunan yang telah dianggarkan dapat dilaksanakan oleh seluruh SKPD sehingga serapan anggaran mengalami peningkatan. “Bagaimanapun jika serapan anggaran rendah akan menganggu perekonomian masyarakat,” ujar anggota DPRD Inhu dari Fraksi PPP Mariadi.

Sementara itu, Ketua Fraksi Golkar Samsudin minta kepada pemerintah agar menambah distribusi masker sesuai standar kesehatan khususnya untuk siswa mulai dari SD hingga SMA sederajat. Selain itu, Fraksi Golkar minta agar PDAM Tirta Indra menambah distribusi air bersih kepada daerah-daerah yang saat ini mengalami kesulitan air akibat musim kemarau yang cukup panjang. “Kami juga berharap agar program kegiatan pro rakyat tetap dilaksanakan meskipun saat ini terjadi pengurangan anggaran pada APBD Perubahan tahun 2015,” tuturnya.

Menanggapi pandangan umum fraksi di DPRD Inhu tersebut, Penjabat Bupati Inhu yang diwakili Plt Sekda Inhu Isdjarwadi menyampaikan penghargaan dan ucapan terimakasih kepada anggota DPRD Inhu yang telah memberikan saran, kritik serta masukan melalui pandangan umum fraksi. Menurut Plt Sekda Inhu, apa yang disampaikan tersebut merupakan bentuk kepedulian anggota DPRD Inhu terhadap jalannya pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan.

Pada kesempatan itu, Plt Sekda Inhu juga menegaskan bahwa Penjabat Bupati Inhu sudah mengintruksikan kepada seluruh kepala SKPD di lingkungan Pemkab Inhu untuk menghadiri secara langsung pembahasan RAPBD Perubahan 2015 tanpa diwakili.***Rd/hms