Keberadaan ADD Membantu Pembangunan di Desa

Ahad, 04 Oktober 2015

Plt Sekda saat menyerahkan hadiah utama sebuah sepeda motor hadiah lomba jalan santai sempena HUT Rohil ke-16 Sabtu lalu

PELITARIAU, Bagansiapiapi- Datuk Kepala kepenghuluan di Rokan Hilir merasa bersyukur dibantu membangun fasilitas utama yang dibutuhkan oleh masyarakat di desanya dengan Anggaran Dana Desa (ADD).

"Sebab selama ini kami para datuk penghulu tidak bisa banyak berbuat karena ketidak adaan anggaran, malahan setiap ada musrenbang dilaporkan, nyatanya banyak yang tidak bisa tercover oleh Pemerintah Kabupaten,"kata Datuk Penghulu Sungai Pinang kec Kubu Ramlan kepada pelitariau.com di Bagansiapiapi saat dirinya menghadiri acara HUT Rohil ke-16 .Ahad (4/10).

Hal serupa juga diamini oleh datuk kepala kepenghuluan lainya Amirudin Datuk kepala Kepenghuluan Bagan Punak Meranti, M Taufik datuk kepala kepenghuluan Amirudin Datuk kepala Kepenghuluan Bagan Jawa kecamatan Bangko dan Datuk kepala Kepenghuluan Siarang-Arang Rokan Nasmizan kecamatan Pujud.

Ramlan menyebutkan fasilitas yang dibangun oleh penghulu dan perangkat desa sangat tepat sasaran, sebab sesuia dengan kebutuhan termasuk kualitas bangunan, sebab pihaknya merasa berhutang moral jika tidak membangun secara baik dan benar. "Coba bandingkan, hasil bangunan kita dengan yang dibangun oleh rekanan dari kabupaten, mana yang lebih tahan kualitasnya, maka kami sangat terbantu dengan adanya anggaran dana desa ini,"katanya.

Sementara itu menurut M Taufik, banyak sarana dan prasarana di Kepenghuluan yang prioritas,akan tetapi sering tidak dianggarakan atau mungkin terlupakan, sehingga tidak bisa dibangun,dengan adanya ADD secara bertahap bisa dilakukan.

"Kadang-kadang ada fasilitas yang harus dibiayai kabupaten atau propinsi di desa kita, namun belum sempat tercoper,maka melalui ADD secara bertahap bisa kita tanggulangi sementara," ujarnya.

Dari informasi mereka secara merata seluruh kepenghuluan telah mempersiapkan administrasi anggaran ADD yang sudah cair sebesar 40 persen dan menurut mereka sudah digunakan sesuai dengan RAB yang telah disepakati.***Zi