16 Tahun Usia Rohil Sudah Banyak Kemajuan

Ahad, 04 Oktober 2015

Ketua DPRD Rohil, Nasrudin Hasan saat melepas jalan santai sempena HUT Rohil ke-16

PELITARIAU, Bagansiapiapi- Ketua DPRD Rokan Hilir Nasrudin Hasan menilai kalau di hari jadi kabupaten Rokan Hilir yang ke 16 tahun saat ini sudah banyak kemajuan yang dicapai oleh Kabupaten Rokan Hilir.Disamping mengalami kemajuan yang begitu pesat juga masih ada permaslahan pokok yang dihadapi,diantaranya permasalahan pokok yang menjadi tantangan pembangunan kedepan dan perlu mendapat perhatian.

Namun, di usia ini juga sejumlah kegiatan pembangunan telah banyak di laksanakan baik itu program peningkatan ekonomi masyarakat, infrastruktur, Peningkatan SDM serta beberapa program strategis lainnya," tegas politisi Partai Golkar Rohil.

Dikatakan Nasrudin Hasan bahwa, Kabupaten Rokan Hiir saat ini telah berumur 16 tahun yang terdiri dari 18 Kecamatan dan ratusan kepenghuluan dan kelurahan. Sejalan dengan perkembangan kabupaten Rokan Hilir saat ini, kita masih di hadapkan dengan berbagai permasalahan pokok yang menjadi tantangan dalam pembangunan kedepan," kata ketua DPRD Rohil saat memimpin Rapat sudang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Rokan Hilir memperingati hari jadi kabupaten Rokan Hilir ke - 16 dilokasi GOR Bagansioapiapi, Ahad (4/10).

Pertama masih tingginya angka penduduk miskin, penduduk miskin di Rohil perlu mendapat perhatian secara khusus oleh pemerintah melalui berbagai program strategis. Penduduk miskin tersebut umumnya bermukim di sepanjang pinggir selat Malaka dan pinggir sungai Rokan.

Permasalahan pokok yang kedua, lanjutnya adalah terbatasnya infrastruktur, terutama sarana transportasi yang merupakan salah satu sektor penting dan strategis dalam konteks pembangunan dan perekonomian daerah. Saat ini sarana transportasi di Rohil belum sepenuhnya menjagkau berbagai wilayah, terutama pada koridor pesisir dan daerah terisolir lainnya.

"Sehingga untuk menjangkau wilayah-wilayah tersebut, masih harus menggunakan sarana transportasi laut dan sungai yang sangat tergantung dengan kondisi alam. Begitu pula halnya dengan infrastruktur listrik yang belum merata di nikmati oleh masyarakat. Serta prasarana pengairan dan irigasi yang belum baik dan prasarana air bersih yang belum memadai," terangnya.

Sebagai mana yang dicita-citakan demi kesejahteraan dan pemerataan masyarakat secara bertahap harus dilakukan. Pada usia yang ke-16 tahun ini telah memperoleh keberhasilan. Seperti turunnya angka kemiskinan di kabupaten Rohil. Begitu juga meningkatnya laju pertumbuhan ekonomi diatas rata-rata nasional saat ini laju pertumbuhan ekonomi Rokan Hilir.

Keberhasilan dan prestasi tersebut diraih atas dukungan dari semua kalangan, tanpa dukungan masyarakat Rokan Hilir tidak mungkin dapat diperoleh.Dibidang pendidikan Rohil ditetapkan sebagai lokasi kampus IPDN wilayah Riau dalam memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan SDM," ujarnya.***ZI