Pj Bupati Inhu Membuka Sosialisasi Pelaksanaan Pilkada

Selasa, 29 September 2015

PELITARIAU, Rengat-Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menggelar pelaksanaan Sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah Kab. Inhu tahap ke II Tahun 2015, selasa (29/9/2015)  di Aula Bappeda dan Litbang Inhu.


Penjabat (Pj) Bupati Inhu H. Kasiarudin, SH hadir sekaligus membuka pelaksanaan sosialisasi tersebut dengan didampingi Kepala Badan Kesbangpol Inhu Adri Bahar, Kepala Bappeda Inhu Junaedi Rahmat dan Kepala Bagian Humas Setda Inhu Jawalter, M.Pd.


Sedangkan tampil sebagai narasumber, Kasubdit Pengembangan Budaya Politik Lokal Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementrian Dalam Negeri, Dra. Elly Yuniarti, MM, Kepala Bidang Kepemiluan Kesbangpol Prov. Riau Ferry Yusnadi, S. Sos serta beberapa narasumber dari Kabupaten Inhu sendiri.


Kepala Badan Kesbangpol Inhu Adri Bahar mengungkapkan, pelaksanaan sosialisi ini merupakan wujud usaha pemerintah demi mensukseskan penyelenggaraan pilkada serentak pada 9 desember mendatang. Berdasarkan Undang-Undang nomor 15 tahun 2011 tentang penyelenggaraan pemilu dan Undang Undang no 8 tahun 2015 tentang penyelenggaraan pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, apa yang menjadi hasil dari sosialisasi ini yaitu semakin meningkatnya partispasi dan keikutsertaan masyarakat dalam pilkada kedepan semakin meningkat.


Pelaksanaan sosialisasi tahap II ini sendiri, diikuti puluhan peserta baik dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta para perwakilan partai politik di 7 kecamatan yang ada di Inhu. Seperti diketahui, sebelumnya 7 kecamatan lainnya telah mengikuti sosialisasi tentang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada sosialisasi di tahap I.


Sementara itu, mengawali arahannya, Penjabat Bupati Inhu H. Kasiarudin SH, menyampaikan terima kasih khususnya kepada para peserta dan Badan Kesbangpol Inhu atas penyelenggaraan sosialisasi ini. Menurutnya, pelaksanaan sosialisasi ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting guna mengevaluasi agar dalam pelaksanaan pilkada kedepan dapat terlaksana dengan baik.


Sebagai bagian dari tugas dan tanggung jawabnya sebagai Pj Bupati Inhu, selain menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan secara baik, ia juga berkewajiban untuk memfasilitasi serta mensukseskan penyelenggaraan pilkada dengan tetap menjaga kenetralitasan para Pegawai Negeri Sipil (PNS).


Jika mengacu pada hasil presentase, partisipasi masyarakat dibeberapa pelaksanaan pemilihan umum lalu, dinilai masih belum maksimal. Maka dari itu, dengan adanya sosialisi ini, diharapkan pada pelaksanaan pilkada kedepan keikut sertaan masyarakat untuk memberikan hak suaranya akan semakin meningkat. Sebab, kesuksesan pelaksanaan pilkada, bukan hanya berintegritas pada Komisi Pemilihan Umum (KPU), namun perlu adanya dukungan dari seluruh masyarakat.


Khusus kepada para peserta, diakhir arahannya, Pj Bupati H. Kasiarudin, SH mengharapkan agar informasi yang telah diperoleh melalui sosialisasi ini, nantinya dapat diteruskan kepada para warga dan masyarakat  lainnya disetiap desa dan kecamatan. (r 10/hms)