Disdik Rohil Minta Proses Perkuliahan di UT Tepat Waktu

Ahad, 27 September 2015

Masyarakat berbaris ingin bersalaman dengan Bupati, saat bupati H Suytano melakukan kunker

PELITARIAU, Bagansiapiapi- Pemerintah Rokan Hilir menyambut baik pembukaan kelas baru perkuliahan S1 dan S2 bagi guru di Universitas Terbuka ( UT ) dari perwakilan UT Jakarta asalkan jadwal perkuliahannya tepat waktu.

Demikian hal ini dikatakan Kepala Dinas pendidikan Rokan Hilir, H Amiruddin di Bagansiapiapi kemarin, memaklumi keluhan mahasiswa selama ini terkait sulitnya mendapatkan modul dan nilai yang diharap mahasiswa di perguruan tinggi terbuka itu.

"Sebenarnya masalah komunikasi mahasiswa dan UT saja yang kurang,sebenarnya tidak susah, akan tetapi karena gaptek sehingga terjadi seperti ini, sehingga tidak bisa mengakses materi-materi secara online,sebenarnya kalau tidak gaptek tidak ada masalah,sebab materi-materi perkuliahan sudah ada secara online,"kata H Amirudin.

Amirudin menyatakan bahwa Dinas pendidikan Rokan Hilir akan memberikan fasiltas maksimal, sebab ratusan guru-guru yang terdiri dari berbagai bidang studi kuliah di UT, ia menilai selama ini keberadaan UT sudah bagus, termasuk kebutuhan modul mata perkuliahan yang dibutuhkan oleh mahasiswa.

"Misalkan terkait mau minta materi apa, misalnya bidang study biologi, kita tinggal akses secara online langsung di print,"jelasnya.

Baru ini Perwakilan Universitas Terbuka (UT) Jakarta telah mensosialisasikan rencana pembukaan kelas baru perkuliahan S1 dan S2 bagi guru, pegawai sampai masyarakat umum di Rohil. Sosialisasi ini disambut baik pemkab setempat, untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Selama ini UT di Rohil sudah ada, dikelola Unit Pengelola Jarak Jauh (UPJJ) Pekanbaru, S1 dan S2,Pemkab Rohil mengumpulkan semua camat dan kepala UPTD Bina Pengelolaan Sekolah serta kepala SKPD untuk mendapatkan sosialisasi yang merupakan suatu peluang cukup baik, karena Rokan Hilir sangat sulit sekali perguruan tinggi, yang ada hanya Fakultas Agama Islam, STAI Ar Ridha, STIT Dar Aswaja, di Bagansinembah, STAIR juga belum bisa menjawab kebutuhan SDM di Rokan Hilir.

Menurutnya UT akan membuka fakultas dari FKIP, Fisipol serta fakultas lain dengan tiga rayon, Rayon Bangko, untuk mengakomodir yang mau kuliah dari Kecamatan Sinaboi, Batu Hampar, Bangko dan Pasir Limau Kapas, Rayon II di Ujung Tanjung, untuk mengakomodir peminat dari Kecamatan Pujud, Tanjung Medan, Tanah Putih, Tanah Putih Tanjung Melawan, Rimba Melintang dan Kubu, Kubu Babussalam. Kemudian Rayon III di Baganbatu, mengakomodir Kecamatan Bagansinembah, Bagansinembah Raya dan Balai Jaya, dan Simpang Kanan.***Zi.