Kadiskes Riau: Besok Kita Buka Dua Poskes Saja

Rabu, 23 September 2015

Salah seorang Warga sedang memeriksakan kondisi kesehatannya ke Poskes yang ada di Pekanbaru.

PELITARIAU, Pekanbaru- Berhubung besok Kamis (24/9) adalaha hari raya Idul Adha1436 H, maka Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau , beserta jajarannya memutuskan dari jumlah keseluruhan Pos Kesehatan (Poskes) yang ada di Pekanbaru, akan di buka hanya dua Poskes, diantaranya depan Purna MTQ dan di depan Pasar Sukaramai.

"Karena hari libur, dan tenaga medis kita umumnya umat muslim, jadi keputusan untuk besok kita buka hanya dua Poskes saja, karena pada hari biasa kita buka delapan Pos Kesehatan" ujar Kadiskes Provinsi Riau Andra Sjafri kepada pelitariau.com, Rabu (23/9).

Lanjutnya, diperkirakan bahwa besok pada pagi hari kemungkinan jumlah pengunjung pada pos kesehatan berkurang jumlahnya dikarenakan sebagian besar masyarakat Riau melaksanakan Shalat Ied hari raya qurban. Maka dinas kesehatan akan membuka pos kesehatan sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan, yaitu buka pada pukul 10.00 wib dan tutup pada pukul 17.00 wib.

"Menurut SOP yang telah di tetapkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau bahwa pada umumnya penggunaan pada pos kesehatan adalah untuk pertolongan pertama, tetapi untuk penyembuhan dan perawatan kita menginstruksikan selurur Rumah sakit dan puskesmas di Provinsi Riau harus buka 24 jam," jelasnya.

Kemudian saat di singgung tentang keberlanjutan pos kesehatan yang ada di sejumlah titik di Pekanbaru dan sekitarnya, Andra menyebutkan kita melihat dari situasi dan kondisi dari cuaca, dan yang terpenting adalah instruksi dari Plt Gubwrnur Riau sendiri sebagai penanggung jawab.

"Pos kesehatan pada Posko Evakuasi akan memberikan pelayanan apabila ada masyarakat yang sakit pada saat di evakuasi, namun sejauh ini saya belum menerima informasi bahwa belum ada yang menggunakan Posko Evakuasi," ujar Andra di kantornya.***osp