Meski Hujan, Pelepasan 178 JCH Inhu Berjalan Lancar

Kamis, 04 September 2014

Bupati Inhu H. Yopi Arianto Menepung Tawar JCH

PELITARIAU, Rengat- Meskipun sempat turun hujan  cukup lebat tetapi tidak sampai menggangu  acara pelepasan Jamaah Calon Haji (JCH) Inhu dan tetap berjalan lancar. Pelepasan 178 JCH dilakukan Bupati Inhu H. Yopi Arianto  dalam suatu acara di halaman kantor Bupati Inhu, Rabu (3/9).

 

Sebelum diberangkatkan   Bupati beserta jajaran Pejabat dilingkungan Pemda Kab. Inhu diikuti  tokoh agama melakukan tepung tawar kepada JCH. Ribuan masyarakat ikut menyaksikan acara pelepasan JCH Inhu ini.

 

Dalam sambutan pelepasan JCH  tersebut Bupati Inhu Yopi  berpesan kepada Jamaah  agar selalu menjaga kesehatan dan kebersamaan pada saat akan berangkat dan berada di tanah suci nanti. Sehingga dalam menjalankan ibadah haji nantinya dapat berjalan dengan lancar dan khusuk serta apa yang menjadi harapan untuk menjadi haji yang mabrur InsyaAllah dapat tercapai.

 

Selanjutnya jika nanti ada permasalahan yang dialami keluarga para jamaah yang ditinggalkan, Bupati berharap agar  dapat melaporkannya kepada pihak Kementrian Agama Kabupaten Indragiri Hulu. Sehingga dapat secepatnya di tindak lanjuti dan jangan sampai mengganggu kekusukan dalam beribadah.

 

Hadir dalam acara pelepasan JCH Inhu tersebut diantaranya Ketua DPRD, sejumlah unsur FKPD, Asisten, Staf Ahli, sejumlah Kadis, Kaban, Kakan, Kabag , Tokoh Adat, Tokoh Agama serta Tokoh masyarakat. Juga ikut hadir ribuan keluarga JCH dan masyarakat lainnya untuk mengantar tamu Allah tersebut.

 

Kepala Kementrian Agama Inhu  H. Abdul Kadir menyampaikan bahwa pada awalnya, untuk jumlah total JCHi yang terdaftar sebanyak 185 orang. Dengan estimasi sebanyak 3 orang yang mutasi ke daerah lain dan jumah yang batal dikarenakan meninggal dunia sebanyak 2 orang dan batal karena penyebab lain sebanyak 2 orang.

 

“Sehingga jumlah total jamaah yang berangkat untuk tahun ini sebanyak 178 jamaah dengan 1 orang petugas TPHD yang termasuk di dalamnya. Dari jumlah tersebut JCH pria 80 orang dan JCH  wanita sebanyak 98 orang,  dengan JCH  tertua  Banuna binti Latif Wahab (83) dan   Andik Setiawan bin Sugito (28) JCH termuda,”jelas Abdul Kadir.

 

Setelah dilepas selanjutnya dengan menaiki lima buah bus JCH Inhu menuju Pekanbaru dan menginap saru malam. Keesokan harinya (4/9) menuju kota Batam dan pada hari Jumat (5/9) JCH Inhu yang  tergabung dalam kloter 5 bersama rombongan JCH dari  Pekanbaru dan Rokan Hulu berangkat menuju tanah suci melalui embarkasi Batam, dan  akan kembali ke tanah air pada tanggal 14 Oktober 2014 nanti.(cr. rio)

 

Editorial: Rio Ahmad