Sekali Panen KABIAT Minatangko Rohil Angkat 12 Ton Ikan Patin

Selasa, 22 September 2015

Budidya ikan patin di Kabupaten Rokan hilir mendapat dukungan serius dari Pemerintah setempat

PELITARIAU, Bagansiapiapi- Kelompok Budidaya Ikan Air tawar (KBIAT) Minangtangko Kabupaten Rokan hilir (Rohil) sudah masuk dalam budidaya ikan air tawar yang berhasil, dalam setahunnya, budidaya ikan patin yang dilakukan anggota kelompoknya panen 2 kali dalam setahun, dalam sekali panen dapat 12 ton ikan patin.
 
KABIAT Minatangko yang berpusat di Jalan Satriatangko-Bagansiapiapi ini sudah berdiri sejak dua tahun terakhir, kelompok budidaya ikan air tawar ini didirikan bersama 10 orang pengurus saat ini berkembang pesat. 
 
Ketua KABIAT Minatangko Suprayetno berbincang dengan pelitariau.com Selasa (22/9) di bagansiapiapi menjelaskan, kala saat ini kelompoknya terdiri dari puluhan kepala keluarga, dimana dalam setahun budidaya ikan patin saja bisa dilakukan 2 kali dalam setahun. 
 
"Tahun 2013 lalu, total panen ikan air tawar kami sekitar 12 ton itu untuk jenis ikan patin saja, Alhamdulillah kegiatan ini tentu saja dapat memajukan ekonomi anggota dan menjadi pendapatan bagi rumah tangga yang ada," jelas Suprayetno.
 
Dia mengaku awalnya tergerak menekuni budidaya ikan air tawar tersebut karena melihat adanya lahan tidur yang belum dimanfaatkan dengan baik di lokasi pekarangan rumah, dengan musyawarah 10 orang lantas bersama-sama sepakat untuk menggarap lahan tersebut dan membuatkan kolam  ikan. 
 
"Belakangan bantuan dari dinas terkaitpun datang dalam bentuk bantuan bibit ikan Patin, Hal inilah yang dikelola oleh kelompok Minatangko dan sejauh ini masih berjalan dengan sangat baik," pungkasnya.*Jar/hf