Tim Kesenian Bambang Deo-deo Rohil Tampil Memukau

Sabtu, 19 September 2015

internet

PELITARIAU, Bagansiapiapi- Tim Kesenian Rohil tapil memukau dalam Festival Budaya Nusantara Kawasan Perbatasan Negara 2015 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Pasalnya, tarian yang diangkat, mambang deo-deo, prosesi pengobatan tradisional asal Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas Rohil dianggap cukup unik dan menarik.

“Penampilan memukau, disaksikan hampir seribu penonton dari seluruh penjuru Indonesia, dan pihak Badan Nasional Pengelola Perbatasan di gedung  Teather Kautaman, TMII,” sebut Ketua Tim, Zakia Hada SSn MHum, Sabtu (19/9), setelah sampai di Bagansiapiapi.

Sesuai garapannya menurut Zakia, pihaknya memadukan  gerakan tarian tradisional prosesi pengobatan dari Panipahan Rohil, dengan gerakan kontemporer, diiringi musik yang sudah diaransement oleh Delsi bersama kawan-kawan, dari Sanggar Sri Kemuning, Bagansiapiapi.

Penampilan tim kesenian Rohil Kamis (17/9) bersama peserta yang lain menurut Zakia membangun sebuah Forum Nasional yang dilaksanakan secara reguler sebagai ajang untuk lebih mengenal, merawat, dan memelihara serta mempromosikan nilai sosial budaya dan kesenian masyarakat perbatasan negara kepada masyarakat luas," ujarnya.***Jr