Hut Rohil Ke-16, Pemkab Akan Taja Pertandingan Tradisional

Jumat, 18 September 2015

Plt Sekda Rohil, Drs H Surya Arfan MSi

PELITARIAU, Bagansiapiapi- Dalam Hari Jadi Kabupaten Rokan hilir (Rohil), yang akan di gelar pada 4 oktober mendatang, Pemerintah Kabupaten Rohil akan melaksanakan berbagai kegiatan, seperti kegiatan pertandingan tradisional. Hal ini di sampaikan Plt Sekdakab Rohil Drs H Surya Arfan MSi saat memimpin rapat persiapan Hut Rohil, beberapa waktu lalu.

Kalau bisa acara Hut Rohil ke-16 yang akan di laksanakan 4 oktober mendatang, akan di laksanakan pertandingan tradisional, seperti Galah Panjang, Kelereng, Patuk lele dan lain-lainya. Setiap iven Hut Rohil belum pernah di lakukan pertandingan tradisional, hanya saja pertandingan tarik tambang, lompat guni, dan panjat pinang. Kalau bisa, permaianan yang lama di hidupkan kembali," harap Surya.

"Cerita Surya, kalau sewaktu saya zaman kecil kecil dahulu, permainan tradisional itu sangat unik, kalau di bandingkan permainan zaman sekarang. Jadi, permaiann tradisional seperti galah panjang, patuk lelel, Angau dan lain-lainya dapat serta bisa tarik perhatian masyarakat untuk menghidupakan kembali permainan masa kecil dahulu," ucapnya.

Kalau di kabupaten lain, seperti Kecamatan Siak, Bnegkalis permainan-permainan tradisional itu, mereka hidupkan lagi. "Saya rasa permainan tardisonal itu bisa membuat badan kita sehat. Contoh saja, permainan galah panjang, permainan galah panjang dapat membuat tubuh kita berkeringatan," ujarnya.***Jr