Plt Sekda Pimpin Rapat Persiapan Hut Rohil, MTQ Di Siak dan Idul Adha

Rabu, 16 September 2015

PELITARIAU, Bagansiapiapi- Pelaksana Tugas ( Plt) Sekretarias Daerah (Sekda ) Kabupaten Rokan Hilir Drs H Surya Arfan MSi, di dmpinggi Kemenang Rohil Agustiar SAg, Asisten III Kesra H Ali Asfar MSi, memimpin rapat persiapan menjelang, Ulang Tahun Kabupaten Rokan Hilir Ke-16 yang jatuh pada tanggal 4 Oktober, MTQ tingkat Provinsi di Siak dan Idul Adha,di lantai IV kantor Bupati Rohil, Rabu ( 16/9 )

Kata Surya Arfan, Iya hari ini kita melaksanakan rapat persiapan tiga iven ini, dengan waktu yang cukup sempit ini. Saya menyampaikan salam maaf bapak bupati, dikiranya bapak bupati tidak dapat hadir bersama kita, hari ini pula saya mengambil alih untuk memimpin rapat persiapan Hut Rohil, MTQ Di Siak dan Idul Adha.

Ada tiga acara besar kita, Idul Adha, Hut Rohil dan MTQ Provinsi Di Kabupaten Siak. Untuk Pawai Idul Adha, sebelumnya acara pawai di mulai coba setelah Isya langsung star. Kita harapkan kepada peserta sudah membawakan meniaturnya, kalau bisa inggin sholat Isya boleh solat di dekat kantor Bupati saja," ucap Surya.

Hut Rohil 4 Oktober, Pemerintah ada mengadakan beberapa iven pertandingan dan ada juga karnaval, yang jelas Hut Rohil tersebut di awali dengan apel dahulu dan di lanjutkan dengan Paripurna pada siang harinya.

"Sedangkan acara hiburan ada, seperti pertandingan-pertandingan, malam sukuran kita sarankan tadin kita akan datangkan mubaliq dari jakarta" katanya lagi.

Untuk menghadapi MTQ Provinsi Riau yang menjadi tua rumahnya adalah Kabupaten Siak, insallah Rokan Hilir akan ikut, bagai mana pada tahun-tahun sebelumnya.  Baik itu ikut dalam perlombaan cabang-cabang MTQ sebanyak 10 Cabang, dengan jumlah peserta Rohil sebanyak 44 orang. Insallah dalam waktu dekat nanti qori dan qoriah kita akan mulai latihan.

Kemudian, kita akan mengikuti pawai taaruf dengan jumlah kurang 700 lebih, denagn melibatkan semua komponen termaksud suku tiong hua, suku melayu, batak, minang, aceh, itu menujukan kebersamaan kita di Rohil ini, dalam rangka membangun Rohil," cetusnya.

Untuk target, kita inggin yang terbaik, selama perlombaan terbaik. apapun hasil yang kita peroleh di Siak nanti, itulah kemampuan kita. jadi kita tidak memaksakan. Untuk pawai taaruf Rohil tidak pernah begesar. soal, kalau kita melihat dari tahun sebelumnya dalam Pawai Taaruf, Rohil tetap juara satu.

"Kita tetap mengutamakan budaya lokal, seperti Ratib Togak, Bardah, Dram Band dan lain-lainya," kata Surya.***Jr