Pj Bupati Buka Pelaksanaan MTQ ke-45 Kabupaten Inhu

Rabu, 16 September 2015

Pj Bupati Indragiri Hulu meninjau stan bazar pada acara MTQ tingkat Kabupaten Indragiri Hulu yang Ke - 45 di Kecamatan Rengat Barat.

PELITARIAU, Rengat- Pejabat Bupati Inhu H Kasiaruddin membuka secara  resmi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 45 tingkat Kabupaten Inhu tahun 2015 di Lapangan Sepakbola Kelurahan Pematang Reba, Kecamatan Rengat Barat, Selasa (15/9) malam. MTQ kali ini akan diikuti sebanyak 337 peserta dari 14 kecamatan dan akan berlangsung hingga tanggal 19 September 2015 mendatang.

 

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Indragiri Hulu dan Anggota DPRD kab. Indragiri Hulu, Kepala Kementerian Agama Kab. Inhu, Kepala KAU Se- Kab. Inhu, Kapala Dinas, Kepala Kantor, Kepala Badan Sekretariat Kabupaten Indragiri Hulu. Ketau MUI Kab. Inhu, Ketua LPTQ Kab. Inhu, Camat Se-Kab. Inhu, Kapolsek Rengat Barat, Danramil Kec. Rengat Barat, Tokoh agama, Tokoh Masyarakat dan Peserta MTQ ke 45 Kabupaten Indragiri Hulu serta masyarakat yang antusias untuk menyaksikan langsung pembukaan  MTQ ke 45 Tingkat Kabupaten Indragiri Hulu.

Pembukaan MTQ ke 44 tingkat Kabupaten Inhu ini ditandai dengan penyerahan Piala bergilir oleh Camat Pasir Penyu Kepada Camat Rengat Barat Melalui Pj Bupati Indragiri Hulu, serta  pemukulan bedug oleh Pejabat Bupati H.Kasiaruddin. MTQ diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-quran oleh 3 orang  Qori terbaik yang juga merupakan sebagai Dewan Hakim yaitu Hj. Eti Ranis, S.Pd.I, Hj. Nurhasanah dan Erni Yusnita, S.Pd.I. Selain itu pembukaan MTQ juga dimeriahkan dengan penampilan Marching Band Tunas Bangsa Dari SMAN 1 Rengat Barat.
 
Dalam sambutanya Camat Rengat Barat Nurdjanah SP mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bupati Indragiri Hulu serta pihak – pihak terkait yang telah membantu dalam  segala hal untuk mensukseskan acara MTQ ke-45 Tingkat Kabupaten Indragiri Hulu, selain itu Camat Rengat Barat mengatakan bahwa dikecamatan Rengat Barat Kerukunan antar umat beragama masih terjaga dan terjalin dengan baik.

 

Pada kesempatan itu juga Camat Rengat Barat mengatakan bahwa tujuan dari MTQ adalah untuk  mesyiarkan dan memasyarakatkan seni membaca Al-Qur’an, Pengkajian, Pemahaman , pengamalan kandungan Al-Qur’an serta lebih meningkatkan kecintaan umat islam di Kabupaten Indragiri Hulu Terhadap Al-Qur’an. Dan untuk pembinaan kepada masyarakat agar Al-Qur’an dapat dijadikan pedoman dan tutunan dalam kehidupan sehari – hari. Camat juga mengatakan bahwa pada MTQ kali ini ada tujuh cabang yang akan diperlombakan. Yaitu, Tilawah, Sarhil, Fahmil, Tafsir, Tahfiz, Khaligrafi dan M2IQ.
 
Sementara itu  Pejabat Bupati Inhu H Kasiaruddin dalam sambutanya mengatakan salah satu upaya untuk mendalami arti, makna dan kandungan Al-Qur’an, sekaligus meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT adalah dengan menyelenggarakan MTQ, dimana kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kecintaan kita terhadap Al-Qur’an serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari untuk menjadi insan yang berakhlak Qur’ani.

 

Selain itu PJ. Bupati Inhu H Kasiaruddin mengatakan bahwa hasil dari pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Inhu ini akan menjadi rujukan mengahadapi pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Riau Ke-34 di Kabupaten Siak sekaligus mejadi bahan evaluasi dan masukan bagi pelaksanaan pembangunan di bidang keagamaan di Kabupaten Indragiri Hul.

 

PJ Bupati Inhu mengajak kaum muslimin dan muslimat di seluruh Kab. Inhu untuk terus meningkatkan  pemahaman tentang arti Al-Qur’an dengan benar serta berkomitmen melaksanakan program magrib mengaji dan mengajak para alim ulama serta tokoh agama untuk lebih memberikan pemahaman keagamaan dengan tata cara yang lebih teduh dan toleran. Selain itu PJ Bupati Inhu berharap agar penataan bazar disekitaran lokasi MTQ dapat tertata dengan baik, sehingga keindahan nuasa islami dan makna dari MTQ tetap terjaga dengan baik.***Rd