Kabut Asap, Aktifitas Jual Beli Pasar Kopar Menurun

Sabtu, 12 September 2015

Suasa pusat pembelanjaan di pasar kecamatan rantau Kopar, sepi pembeli akibat kabut asap.

PELITARIAU, Bagansiapiapi- Aktifitas jual beli konsumen di pasar tradisonal Rantau Kopar, Kepenghuluan Rantau Kopar, Kecamatan Rantau Kopar, menurun drastis, salah satu pemicunya disebabkan bencana kabut asap.

Salah seorang pedagang sayur, A Hutagalung, Sabtu (12/9), mengatakan dalam dua pekan terakhir daya beli konsumen menurun, lantaran tebalnya kabut asap membuat masyarakat malas beraktifitas diluar rumah.

"Iya pengaruh juga kabut asap ini pak, jadi buat masyarakat enggan keluar rumah. Kira-kira menurun sampai 40 an persen lah. Mereka lebih memilih beraktifitas dirumah saja," ucap Pedagang sayur tersebut.

Sementara itu Camat Rantau Kopar Ramlan mengatakan, efek kabut asap, menurutnya sangat besar mempengaruhi bermacam mata pencaharian masyarakat, seperti nelayan, pedagang, petani, pekebun dan lainya.

" Kalau biasanya pedagang dari luar dan lokal banyak yang datang berjualan, kini karena kabut asap pedagang lebih memilih berjualan ditempat lain. Akibatnya pembeli di pasar tradisonal kecamatan Rantau Kopar, terlihat sepi penghuni pembeli," kata Ramlan.

Tambah Camat Rantau Kopar, saya menghimbau kepada anak-anak kalau tidak ada kepentingan di luar, jangan keluar dari rumah. Karena pengharuh asap tidak baik untuk kesehatan," ujarnya.***Jr