Sekda Meranti Bentuk Tim, Guna Mensukseskan Program Pemberdayaan KMP

Rabu, 09 September 2015

Sekdakab. Meranti Drs. H. Iqaruddin MSi, memimpin rapat dengwn SKPD tekait dalam rangka pelaksanaan program pusat pengembangan kawasan Pesisir Indonesi, khusus Kabuoaten Meranti dipusatkan di Kecamatan Merbau, bertempat di Ruang Melati, Kantor Bupati, Rab

PELITARIAU, Meranti - Pemerintah Daerah (Pemda) Kepulauan Meranti langsung membentuk tim teknis, pada Rabu (09/09) di Diruang Melati Kantor Bupati, dalam rangka mensukseskan program pemberdayaan Kelompok Masyarakat Pesisir (KMP) agar dapat mandiri baik dari segi ekonomi kesejahteraan hingga bencana alam.

Pembentukan tim tersebut dipimpin langsung oleh Seretaris Daerah Kabupaten (Sekda) Kepulauan Meranti Drs H Iqaruddin MSi, dengan Leading Sektor Dinas Perikanan dan Kelautan serta  bersama dengan SKPD terkait.

Serta dalam rangka mensinergikan pelaksanaan program dengan SKPD terkait, Sekda menggelar rapat koordinasi (Rakor) yang dihadiri olh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Drs. Ikhwani, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Askandar, Camat Merbau Wan Abdul Malik, perwakilan Bappeda, Kadis Perindag dan UKM serta Bagian Humas Sekda.

Dengan telah ditetapkannya tiga desa tersebut, tinggal lagi membentuk Kelompok Masyarakat Pesisir (KMP) secara mandiri oleh masyarakat. Nantinya KMP akan mengelola dana stimulan bantuan pusat sebesar 800 juta rupiah/tahun yang berlanjut selama 3 tahun sesuai dengan program yang akan dijalankan.

"Ini merupakan kesempatan bagi daerah semoga masyarakat yang berada dikawasan ini bisa mandiri baik dari bencana ekonomi maupun bencana alam, seperti abrasi dan lainnya," jelas H Iqaruddin.

Sekda juga menyarankan agar kesempatan yang diberikan pusat itu dapat dimanfaatkan dengan baik serta dapat disinergikan dengan program pemberdayaan oleh SKPD terkait sehingga percepatan pertumbuhan kawasan pesisir yang juga menjadi fokus Pemda Meranti dapat segera terwujud.

"Mari jadikan Meranti sebagai garda terdepan Provinsi Riau, Indonesia menjadi kawasan yang maju," harap Sekda.

Selain itu, Sekda juga meminta dalam pelaksanaan kegiatan sepenuhnya melibatkan masyarakat dengan menjadikan masyarakat sebagai objek sekaligus subjek dari kegiatan, sehingga seiring berjalannya kegiatan dapat melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memilik Skill dalam mencibtakan kemandirian di desanya.

Serta selain itu desa yangmenjadi fokus program ini diharapkan pula dapat menjadi contoh bagi desa lainnya untuk berkembang.***wr